Inilah Kelebihan Router Tenda F3, Harga, dan Spesifikasi

4 min read

Review Tenda F3

Jika anda sedang mencari rotuter dengan harga murah dan jangkauan yang luas saya bisa sarankan anda untuk membeli Tenda F3. Kenapa? Karena sendiri sudah menggunakan Tenda F3 ini sudah cukup lama, baik sebagai repeater atau nembak wifi di rumah.

Saat ini saya menggunakan Tenda F3 untuk berjualan wifi di rumah, karena selain cara setting yang mudah juga banyak fitur menarik yang dimiliki router tenda yang satu ini. Diantara fitur yang bisa anda manfaatkan di dalam tenda f3 ini adalah bisa membatasi kecepatan dari orang yang terhubung dengan wifi kita, juga bisa memblokir pengguna wifi yang dirasa asing bagi kita. Untuk Spesifikasi Tenda F3 akan kita bahas lebih details dibawah ini.

Spesifikasi Tenda F3

Tenda F3 berjalan pada frequensi 2.4GHz dan memiliki 3 buah antena dengan kekuatan 5dbi, benar-benar cukup kuat untuk menyebarkan dan menangkap sinyal wifi. Terdapat 4 buah port LAN yang bisa anda manfaatkan untuk sambungan internet ke PC, Laptop, maupun Smart TV. Selain itu terdapat beberapa LED indikator yang menandakan jika berwarna hijau berarti fitur sedang aktif atau sedang digunakan.

Untuk spesifikasi lengkapnya bisa anda lihat gambar dibawah ini:

Spesifikasi Tenda F3

Kelebihan Tenda F3

  • Harga Murah dibawah 150rb
  • Desain elegan dan tidak terlalu besar
  • Jangkauan luas dengan 3 antena 5dbi
  • Sistem pendingin yang baik
  • Settingan mudah
  • Kontrol bandwidth
  • Kontrol orang tua
  • Mendukung mode AP, WISP, Repeater
  • Bisa blokir perangkat

Yang paling saya suka dari Tenda F3 ini adalah jangkauan wifi nya yang luas, sudah saya test sendiri untuk berbagi wifi dengan tetangga, jarak 50 meter masih bisa mendapatkan sinyal 2-3 bar, dan koneksi internet tetap stabil. Padahal router tenda ini saya pasang di dalam rumah dengan posisi nempel pada dinding. Tapi dengan banyaknya tembok penghalang tidak begitu menganggu penyebaran sinyal wifinya.

Baca Juga:

Cara pasang indihome terbaru 2020

Yang menarik, saya jarang sekali mematikan router tenda ini selama berhari-hari, tapi router ini tetap adem ayem saja. Padahal kalo saya sentuh modem indihome huawei ada hangat-hangat terasa pada modem. Belum pernah saya mengalami masalah dengan modem ini, baik itu error, hang, atau tidak mau terhubung ke internet.

Harga Tenda F3

Jika anda ingin mendapatkan harga yang murah, sebaiknya anda membeli Tenda F3 ini di online store seperti shopee, tokopedia, maupun bukalapak. Biasanya banyak penjual yang kasih harga miring. Saya sendiri membeli nya di shopee dengan harga Rp.130.000-an. Silahkan anda cari sendiri toko yang dekat dengan lokasi anda agar bisa menghemat ongkos kirim nya.

Harga: Rp.120.000 – Rp.160.000

Cara Setting Tenda F3

Saya menggunakan Tenda F3 untuk menembak wifi indihome saya dirumah untuk disebarkan kembali, jadi yang saya sebar disini adalah wifi dari router tenda nya, bukan dari modem indihome. Hal ini saya lakukan agar mudah untuk mengontrol pengguna wifi saja.

Ada beberapa mode yang bisa anda gunakan pada router Tenda F3 ini, sesuaikan saja dengan kebutuhan anda. Namun jika anda ingin menyebarkan kembali wifi indihome anda di rumah anda bisa mencoba mode repeater atau wisp. Namun, apabila anda menginginkan koneksi internet yang sama bagusnya dengan wifi indihome anda saya sarankan untuk menyambungkan langsung dari kabel lan model indihome ke lan router tenda nya.

Karena ketika saya menggunakan mode repeater dan wisp, kecepatan yang di dapat oleh tenda f3 sedikit menurun dari wifi indihome nya. Mungkin karena beberapa halangan tembok yang ada dirumah.

Mengganti Password Tenda F3

Sebelum anda melakukan settingan yang lain, ada baiknya anda membuat password untuk router tenda anda. Karena pada defaultnya tenda F3 ini tidak diberikan password, sehingga ketika ada yang terhubung ke wifi tenda otomatis bisa mengakses admin dari tenda f3 juga apabila si pengguna mengetahui alamat ip tenda kita. Cara membuat password nya cukup mudah, silahkan ikuti langkahnya dibawah ini.

  • Hubungkan perngkat anda ke router tenda
  • Buka browser, lalu masukan url tendawifi.com atau 192.168.1.1
  • Setelah masuk, lalu anda pilih menu Administration
  • Pada bagian login password anda masukan password yang anda inginkan
  • Bagian lain biarkan saja, lalu klik OK.

Cara mengganti password tenda f3

 

Setelah itu biasanya anda otomatis akan keluar dari halaman admin untuk melakukan login dengan password yang anda buat barusan, seperti gambar dibawah ini.

Login Tenda F3

Cukup masukan password tenda f3 anda, lalu klik login untuk masuk kembali ke halaman admin. Oya, disini saya sarankan anda jangan login sembarangan. Karena ketika kita memasukan password akan kelihatan dengan jelas apa yang kita tulus, artinya tenda f3 ini tidak menyembunyikan password kita ketika mengisi form.

Mengganti Nama dan Password Wifi

  • Pastikan anda terhubung dahulu ke wifi tenda f3
  • Buka browser lalu masukan url tendawifi.com atau 192.168.1.1
  • Masuk ke bagian Wireless Settings
  • Pada kolom WiFi Name masukana nama wifi anda
  • Security Mode bisa anda pilih WPA/WPA2-PSK Mixed
  • Pada kolom WiFi Password anda masukian password wifi yang anda inginkan
  • Untuk yang lainnya biarkan default saja, lalu klik OK.

Mengganti password wifi tenda

Gambar diatas mungkin sedikit berbeda dengan halaman admin Tenda F3 ini, hal ini karena saya sudah merubah firmware tenda f3 yang sudah mendukung dual ssid. Jadi saya bisa membuat 2 nama wifi dalam satu router tenda f3 ini. Akan saya share firmaware tenda f3 diakhir artikel ini.

Mode Wireless Tenda F3

Ada 4 mode yang bisa anda pilih pada router tenda f3 ini, diantara disable, wisp, wireless repeating,dan AP mode. Kebetulan disini saya menggunakan kabel LAN untuk menyebarkan kembali internet dari modem indihome, jadi saya pilih mode disable pada settingan ini.

Cara ini lebih bagus apabila anda sendiri yang mempunyai koneksi indihome di rumah, lain lagi jika anda menembak wifi tetangga atau nembak wifi.id jarak jauh, ada banyak hal yang dilakukan.

Pada dasarnya semua mode pada tenda f3 ini mempunyai fungsi yang sama, yaitu menembak dan menyebarkan kembali wifi. Anda bisa menggunakan mode wisp untuk menyebarkan wifi dengan nama wifi yang berbeda dengan sumbernya, namun jika hanya ingin memperkuat sinyal wifi yang sudah ada bisa anda pilih mode universal repeater.

Untuk settingannya akan saya buat di kesempatan lain.

Firmware Tenda F3

Firmware bawaan dari tenda sendiri sudah sangat bagus dan stabil menurut saya, namun jika anda suka ngoprek atau berani mengambil resiko anda bisa mencoba beberapa firmaware dari Tenda F3 ini. Seperti yang sudah saya lakukan, yaitu menggant firmaware router tenda f3 agar bisa dual ssid. Kenapa mungkin anda pikir saya ingin membuat 2 nama ssid?

Kebetulan disini saya punya warung kecil-kecilan sekaligus jualan wifi harian juga, jadi 1 ssid saya gunakan untuk berjualan wifi agar bisa gonta ganti password setiap hari, dan 1 ssid lagi saya gunakan untuk pribadi dan keluarga agar tidak ganti-ganti wifi terus.

Download Firmware Tenda F3

Cara Upgrade Firmware Tenda F3

Sebelum anda memutuskan untuk melakukan upgrade firmare ada baiknya anda backup dulu Configuration File nya dan lihat juga versi firmware yang sedang digunakan sekarang. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila terjadi kegagalan ketika sedang melakukan proses upgrade.

Caranya anda login dulu ke admin Tenda F3, lalu masuk ke bagian Administration, lalu scroll ke bagian paling bawah pada bagian Device Management, disana anda akan melihat banyak tombol seperti reboot router, reset to factory defaults, backup configuration file, restore a configuration file, export syslog, dan firmware upgrade.

cara upgrade firmare tenda f3

Disana anda akan melihat versi firmware yang sedang aktif (lihat gambar), untuk proses upgrade silahkan anda lihat langsung tutorialnya dari youtube agar lebih jelas saja untuk anda tiru.

8 Replies to “Inilah Kelebihan Router Tenda F3, Harga, dan Spesifikasi”

  1. Bang kalo mau nangkep sinyal dari rumah orang tua ke rmh saya yg jaraknya -+ 100 meter masih bisa di sebarkan dengan tenda F3 ini bang??

    1. susah kalo nangkep sinyal pake tenda f3 saja, saya pernah nembak dari rumah ortu ke rumah saya, jaraknya 300m. Saya menggunakan 2 tenda O3 sebagain AP & Client, baru pasang tenda F3 buat nyebar di rumah, speed max dapat sesuai paket indihome saya wkt itu.

  2. Misal Saya pakai TEnda O3 sebagai AP dan F3 sebagai Client buat nyebar di rumah. itu kira” jangkauan nya berapa meter maksimal?

    1. Tenda f3 tidak bisa langsung nembak tenda O3 (AP), harus di tembak lagi dengan tenda O3 sebagai client, baru dari tenda O3 (client) disebar menggunakan tenda F3. Kalo yang dimaksud jangkauan signal f3, ini sih tergantung banyaknya halangan (tembok) di rumah. saya pernah ngopi bareng teman, jaraknya sekitar 50m dari rumah, cuma terhalang 1 tembok aja sinyal masih dapet 2 bar. Ke rumah tetangga yg tehalang 2 tembok aja masih bisa tembus wifi nya. Dirumah saya ada 3 buah router tp link yang pernah saya test disimpan bersama dg tenda f3, dan hanya tenda f3 ini yg memang bisa terdeteksi sampai rumah tetangga.

  3. Saya masih gaptek soal WiFi, punya Tenda F3 N300 coba setting belum work padahal sudah tonton tutorial cara setting dan sudah saya ikuti. Btw, kalau saya amati Tenda F3 saya kok agak beda dengan yang terlihat di video walaupun sama2 F3. Punya saya lampu indikator cuma ada satu sedangkan yang di video ada delapan, juga di menu Tenda F3 saya tidak ada fitur wireless repietingnya, yang di video ada wireless repietingnya. Apakah hal itu juga menjadikan berbeda dalam penyettingannya? Apakah perbedaan tampilan itu cuma menunjukkan versi lain/baru? Solusinya gimana,advisnya ditunggu mas.

    1. Disaya ada ko mas menu Wireless Repeating nya. Coba di cek dulu mungkin firmware nya versi berapa. punya saya V12.01.01.40_multi. Cara mengetahui firmaware tenda f3 bisa ikuti langkah dibawah ini:

      – Login ke router tenda f3
      – Klik menu Administration
      – Scroll ke bagian paling bawah, lalu cari tulisan “Firmware Upgrade”.
      – Lihat di samping tombol “browse” ada tulisan “Current Firmware Version”
      – Nah disana ada versi firmaware yang digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *