Surat Pernyataan: Pengertian dan Contoh Lengkap

Ketika sedang mengurus suatu hal di lembaga atau instansi tertentu, terkadang Anda diharuskan untuk membuat surat pernyataan. Surat yang satu ini mempunyai banyak sekali jenis, tergantung tujuan dari dibuatnya surat tersebut. Anda dapat membuat pernyataan kerja, pernyataan perjanjian, pernyataan sekolah, dan lain sebagainya.

Fungsi dari surat ini sendiri adalah untuk menegaskan, menerangkan dan meyakinkan bahwa Anda benar-benar sesuai dengan isi surat tersebut. Sebagai contoh, pernyataan sekolah berfungsi untuk menerangkan bahwa Anda benar-benar bersekolah di sekolah tertentu. Jenis surat yang satu ini juga mempunyai format tertentu sehingga memberikan kesan formal dan mudah dipahami.

Pengertian Surat Pernyataan

contoh surat pernyataan

Sebelum membahas mengenai contoh-contoh dari surat berisi pernyataan, ada baiknya jika Anda mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Surat pernyataan adalah keterangan tertulis yang digunakan untuk menjelaskan keadaan atau kondisi tertentu dari seseorang maupun suatu kelompok. Terkadang surat ini juga digunakan untuk mengakui sesuatu.

Untuk memberikan kekuatan hukum, surat berisi pernyataan biasanya menggunakan materai dan ditandatangani oleh pihak-pihak yang bersangkutan. Pelanggaran atau ketidaksesuaian dengan isi pernyataan mungkin menyebabkan pihak yang terkait diproses secara hukum.

Surat yang satu ini mempunyai susunan dan bagian tersendiri yang membuatnya berbeda dengan jenis surat lain. Beberapa bagian dalam surat antara lain judul, isi surat, dan penutup. Anda dapat memilih untuk membubuhkan materai atau tidak.

Surat Pernyataan Kerja

surat pernyataan kerja
squline.com

Surat yang berisi pernyataan kerja biasanya digunakan untuk beberapa keperluan seperti pengajuan NPWP, pengajuan kredit dan lain sebagainya. Surat ini bertujuan untuk meyakinkah pihak tertentu bahwa Anda benar-benar masih bekerja dalam suatu lembaga atau instansi tertentu. Berikut ini contoh surat berisi pernyataan kerja yang bisa Anda gunakan sebagai referensi.

Surat Pernyataan

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama        : Andi Kusumo, S.E

Jabatan        : Manager HRD

Instansi        : PT. Maju Karya Sejahtera

menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini:

Nama        : Meiliani Setyawati, S.E

NIK        : 34040457764001

adalah benar-benar karyawan dari PT. Maju Karya Sejahtera sejak 01 Februari 2015 hingga saat ini dengan jabatan sebagai Staf Keuangan.

Demikian surat ini kami buat dengan sebenar-benarnya tanpa paksaan dari pihak manapun agar dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 08 April 2019

Yang menyatakan,

 

Andi Kusumo, S.E

Surat Pernyataan Kesanggupan

surat pernyataan kesanggupan

Surat keterangan yang satu ini biasa digunakan untuk menyatakan bahwa Anda benar-benar sanggup untuk melakukan sesuatu. Misalnya Anda telah lolos tahap wawancara dan telah diterima di suatu perusahaan, maka Anda diharuskan membuat surat kesanggupan untuk bergabung dengan perusahaan dan ditempatkan di mana saja.

Pada dasarnya format surat kesanggupan ini sama dengan surat berisi pernyataan lain. Simak contoh surat kesanggupan di bawah ini:

Surat Pernyataan Kesanggupan

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama        : Syahputra

NIK         : 3404079848840002

Alamat        : Jl. Putra Bangsa No. 54 Jakarta Selatan

menyatakan dengan sesungguhnya bahwa saya sanggup untuk berkontribusi di perusahaan PT. Adil Makmur dengan masa kontrak selama 5 tahun dan sanggup untuk ditempatkan di cabang PT. Adil Makmur seluruh Indonesia.

Demikian surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa paksaan dari pihak manapun. Apabila di kemudian hari saya terbukti melanggar pernyataan ini, saya siap dan bersedia untuk dituntut di muka hukum.

 

Jakarta, 05 Mei 2018

Yang menyatakan,

 

Syahputra

Surat Pernyataan Sekolah

Surat Pernyataan Sekolah
lenterakecil.com

Sesuai dengan namanya, surat sekolah ini dibuat oleh pihak yang berwenang untuk menegaskan dan menyatakan bahwa pihak yang bersangkutan benar-benar bersekolah di instansi atau lembaga yang dimaksud. Atau, surat sekolah juga dapat dimaksudkan untuk menyatakan bahwa instansi sekolah tersebut sesuai dengan keadaan yang dimaksudkan dalam isi pernyataan.

Surat ini biasanya dibuat oleh kepala sekolah. Bagi Anda yang ingin membuat surat sekolah, simak contoh di bawah ini:

Surat Pernyataan

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama        : Sutrisno, S.Pd.

NIP        : 19670024576993

Jabatan        : Kepala Sekolah

menyatakan dengan sesungguhnya bahwa:

Nama        : Mayang

No. Induk    : 00777

Alamat        :Jl. Raya Manyar No.98 Jakarta

benar-benar terdaftar sebagai salah satu siswa SMA N 1 Manyar kelas 10 dan masih berstatus Aktif.

Demikian surat ini saya buat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. Apabila di kemudian hari pernyataan ini tidak benar, saya siap dan bersedia untuk dituntut di muka hukum.

 

Jakarta, 14 Maret 2017

Yang menyatakan,

 

Sutrisno

Surat Pernyataan Orang Tua

Surat Pernyataan Orang Tua
fthmb.tqn.com

Dalam beberapa hal, izin dari orang tua menjadi persyaratan yang wajib dipenuhi. Untuk memenuhi persyaratan tersebut, maka dibutuhkan surat berisi pernyataan dari orang tua. Tujuan dari surat ini adalah untuk menegaskan bahwa orang tua benar-benar mengetahui dan telah memberikan izin atau kesanggupan atas apa yang akan dilakukan oleh sang anak.

Contoh kasus yang membutuhkan surat berisi pernyataan dari orang tua antara lain untuk bekerja ke luar kota atau luar negeri, untuk magang, memberi sumbangan, dan lain sebagainya. Anda yang ingin membuat surat orang tua dapat menyimak contoh di bawah ini:

Surat Pernyataan Wali Murid

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama        : Suprapto

Alamat        : Jl. Percontohan No. 66, Jakarta Barat

Pekerjaan    : Karyawan Swasta

selaku wali murid dari:

Nama        : Anjarsari

No. Induk    : 00345

Kelas        : 10

Dengan ini mengetahui dan memberi izin kepada anak kami untuk mengikuti Program Magang yang diselenggarakan oleh pihak sekolah dan akan memberikan dukungan penuh serta bertanggungjawab apabila terjadi sesuatu hal selama program tersebut berlangsung mulai dari 01 April 2017 hingga 01 Juni 2017.

Demikian surat ini kami buat dengan sadar tanpa adanya paksaan dari pihak manapun agar dipergunakan sebagaimana mestinya.

 

Jakarta, 04 Maret 2017

Yang menyatakan,

 

Suprapto

Surat Pernyataan Cerai

Surat Pernyataan Cerai
www.expatica.com

Dari namanya Anda pasti bisa menebak fungsi dan tujuan dari surat ini. Surat cerai digunakan untuk menyatakan bahwa pihak yang bersangkutan mengajukan gugatan cerai terhadap pihak tertentu, baik suami maupun istri. Surat ini biasanya membutuhkan saksi baik dari pihak istri maupun suami. Di bawah ini adalah contoh dari surat cerai:

Surat Pernyataan Cerai

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama        : Jaya Hadi

Usia        : 45 tahun

Alamat        : Jl. Medan Merdeka No. 65 Jakarta Pusat

Pada hari Ahad tanggal 18 Januari 2019, saya dalam keadaan sadar dan sehat jasmani dan rohani serta tanpa paksaan dari pihak manapun, dengan ini menyatakan telah menjatuhkan cerai/talak kepada istri saya yang bernama:

Nama        : Pradiptawati

Usia        : 44 tahun

Alamat        : Jl. Medan Merdeka No. 65 Jakarta Pusat.

Demikian surat cerai ini saya buat dengan sesungguh-sungguhnya.

Yang menyatakan,

Suami                                Istri

 

Jaya Hadi                            Pradiptawati

Saksi-saksi

Saksi Pihak Suami                    Saksi Pihak Istri

  1. Susilo        (        )        1. Janadi    (        )
  2. Suganda    (        )        2. Alex        (        )

 

Berbagai contoh surat pernyataan tersebut bisa Anda gunakan sebagai referensi apabila membutuhkan surat berisi pernyataan tertentu. Pada dasarnya jenis surat ini mempunyai format yang sama sehingga Anda hanya perlu mengubah isi sesuai tujuan dan data sesuai data pribadi Anda.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!