Mengenal Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi

Komputer menjadi perangkat yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Sejarah komputer dimulai sejak Charles Babbage menemukan sebuah mesin penghitung yang diketahui sebagai cikal bakal komputer yang ada saat ini. Sejak pertama kali diciptakan hingga sekarang, komputer telah mengalami kemajuan yang sangat pesat berkat perkembangan teknologi yang tak terbendung.

Komputer sendiri merupakan perangkat yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia modern. Berbagai aktivitas mulai dari menghitung, input data, olah data, dan lain sebagainya dapat dilakukan dengan mudah berkat adanya perangkat yang satu ini. Ditambah dengan teknologi terkini, fungsi komputer semakin menakjubkan. Berikut ini pembahasan komputer dari generasi ke generasi.

Sejarah Komputer Generasi Pertama

sejarah komputer generasi pertama

 

Komputer generasi pertama dikenal dengan sebutan Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC). Generasi yang berlangsung antara tahun 1946 hingga 1959 ini telah digunakan untuk kebutuhan umum, meskipun bentuknya masih sangat besar dibandingkan dengan komputer saat ini.

Program yang ada dalam ENIAC dikerjakan oleh Dr. John W. Mauchly dan John Presper Eckert dan berhasil diselesaikan pada tahun 1946. Komputer generasi awal ini juga membutuhkan daya listrik yang luar biasa besar yaitu 140 kilowatt. Dengan berat mencapai 30 ton, tentunya komputer tersebut kurang praktis untuk digunakan.

Seiring perkembangannya, John Von Neumann turut bergabung dalam program pembuatan komputer. Peran Von Neuman adalah merancang CPU yang mampu menampung program dan data pada sebuah komputer. Inilah yang menjadi awal mula penggunaan CPU pada komputer masa kini.

Komputer generasi pertama mempunyai beberapa ciri yang membedakannya dengan komputer generasi berikutnya seperti ukuran fisik yang sangat besar, proses kurang cepat, daya simpan kecil, serta instruksi operasi hanya dibuat untuk tugas tertentu.

Sejarah Komputer Generasi Kedua

sejarah komputer singkat

Komputer generasi kedua di mulai dari tahun 1959 hingga 1964. Beberapa perubahan penting telah terjadi pada generasi yang satu ini, seperti penemuan transistor yang mampu memaksimalkan kinerja mesin komputer. Berkat penemuan tersebut, ilmuwan mulai mengembangkan komputer generasi kedua yang lebih canggih daripada pendahulunya.

Beberapa instansi telah merasakan kecanggihan dari komputer generasi kedua. Seiring berjalannya waktu, dibuatlah mesin komputer dengan teknologi terbaru pada masanya dan disebut dengan super komputer. Hingga awal 1960-an, penggunaan perangkat lain yang terhubung dengan komputer mulai digunakan seperti disket dan printer.

Penemuan lain yang telah digunakan pada generasi ini adalah sistem penyimpanan pada komputer. Magnetic core storage berfungsi sebagai memori utama dan dibantu dengan magnetic disk serta magnetic tape untuk penyimpanan luar perangkat.

Komputer generasi kedua mempunyai beberapa ciri-ciri seperti sudah menggunakan bahasa pemrograman dengan tingkat tinggi, ukuran fisik lebih kecil daripada generasi pertama, serta kebutuhan listrik yang jauh lebih kecil dari generasi sebelumnya. Selain itu, komputer generasi ini juga sudah mampu beroperasi lebih cepat.

Sejarah Komputer Generasi Ketiga

sejarah komputer dan perkembangannya

Mulai tahun 1964 hingga 1970, komputer telah memasuki generasi ketiga. Generasi ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Meskipun transistor sempat menjadi alat canggih pada masanya, lama kelamaan alat ini ditinggalkan karena membuat komputer menjadi lebih cepat panas.

Untuk menggantikannya, Jack Billy menciptakan komponen yang lebih canggih bernama Integrated Circut (IC) yang merupakan chip kecil untuk menampung banyak komponen dalam satu tempat. Penemuan IC ini menjadi gebrakan besar dalam perkembangan komputer karena masih digunakan hingga saat ini.

Teknologi yang semakin canggih juga membuat komputer generasi ketiga lebih cepat dalam menjalankan sistem operasi. Bahkan komputer pada masa ini sudah mampu menjalankan beberapa program dalam waktu bersamaan (multitasking).

Untuk memudahkan dalam mengenali komputer generasi ketiga, Anda perlu mengetahui ciri-cirinya. Beberapa ciri dari komputer generasi ini antara lain lebih hemat listrik, kemajuan dari segi software, ukuran jauh lebih kecil, kinerja komputer lebih cepat, hingga kapasitas memori yang lebih besar. Dari segi harga, komputer generasi ketiga juga relatif lebih murah dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Sejarah Komputer Generasi Keempat

komputer generasi keempat

Memasuki tahun 1979 hingga 2000an, perjalanan komputer telah memasuki generasi keempat. Pada generasi ini, kemajuan terbilang sangat pesat dengan munculnya beragam teknologi baru untuk memaksimalkan performa komputer.

Salah satu inovasi yang dilakukan pada generasi ini adalah penggunaan chip IC yang mampu menampung ribuan komponen dalam satu chip. Pada sekitar tahun 70an, muncul Large Scale Integration (LSI) yang merupakan bentuk pemadatan dari ribuan IC menjadi satu keping saja. Berkembang pula Very Large Scale Integration (VLSI) yang merupakan pemadatan dari ratusan ribu IC.

Pada tahun 1972 Intel sebagai perusahaan komputer memperkenalkan mikrokomputer yang mampu memproses 8 bit informasi dalam satu waktu. Meskipun generasi ini terbilang sangat canggih pada masanya, namun tampilan monitor masih menggunakan green color saja.

Beberapa ciri yang bisa Anda temukan pada komputer generasi keempat adalah penggunaan LSI dan pengembangan komputer mikro. Pada akhir tahun 2000an, komputer telah mulai dipasarkan untuk perseorangan sehingga dikenal istilah Personal Computer (PC).

Sejarah Komputer Generasi Kelima

komputer generasi kelima

Saat ini Anda menikmati kecanggihan komputer generasi kelima. Banyak sekali perubahan yang dilakukan mulai dari perubahan ukuran hingga kecepatan pemrosesan informasi sehingga menghasilkan komputer dengan teknologi luar biasa yang mampu digunakan untuk beragam keperluan.

Standar baru mulai diterapkan pada komputer generasi ini. Perusahaan seperti Intel dan Microsoft juga menjadi pionir dalam software dan hardware komputer dunia. Intel dan beberapa perusahaan lain juga telah berhasil mengembangkan teknologi microprocessor yang kini telah digunakan dalam komputer masa kini.

Tidak hanya lebih cerdas dan lebih cepat, komputer generasi kelima juga mempunyai ukuran fisik yang jauh lebih kecil dan sederhana. Bahkan dikembangkan pula komputer jinjing atau biasa disebut sebagai laptop yang praktis dan dapat dibawa ke mana saja.

Salah satu penemuan yang menjadi gebrakan bagi dunia komputer adalah Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan yang menjadi otak bagi komputer masa kini. Biasa disebut sebagai AI, penemuan yang satu ini mampu membuat komputer berperilaku seperti manusia dan juga mampu memahami perilaku manusia.

Tampilan juga tidak luput dari sentuhan perkembangan zaman. Dengan hadirnya Graphic User Interface, komputer menjadi lebih ramah pengguna dan dapat diakses dengan tampilan yang lebih menarik. Tidak heran jika fungsi dan kegunaannya menjadi semakin luas dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Beberapa ciri yang dimiliki oleh komputer generasi kelima antara lain ukuran fisik yang jauh lebih kecil bahkan bisa dibawa ke manapun, kinerja semakin cepat dan cerdas, serta fitur yang semakin beragam. Harga komputer juga semakin terjangkau sehingga setiap orang dapat memiliki komputer. Kecerdasan buatan juga memungkinkan komputer untuk memahami perilaku manusia.

Sejarah komputer yang begitu panjang telah membawa perangkat canggih ini menjadi salah satu kebutuhan penting bagi manusia modern. Di berbagai sendi kehidupan, komputer menjadi alat yang digunakan untuk memudahkan berbagai aktivitas mulai dari menghitung, input data, olah data, hingga output data. Berkat teknologi yang semakin maju, perkembangan komputer juga semakin tak terbendung.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!