Cara dan Contoh Review Jurnal Sesuai Kaidah yang Berlaku

Contoh review jurnal – Review ialah salah satu kegiatan yang cukup mudah dilakukan untuk jenis benda yang memiliki fisik secara langsung. Akan lebih baik lagi jika menuliskan hasil review tanpa memuat opini didalamnya sehingga tidak akan menyesatkan para pembaca hasil review. Salah satu objek yang paling sering direview ialah jurnal. Baik dosen, mahasiswa hingga para praktisi biasanya akan dihadapkan pada kondisi ini. Terbilang cukup mudah untuk mereka yang sudah biasa melakukannya, namun tentu akan susah untuk Anda yang baru mencoba belajar mereview jurnal. Nah, khusus untuk Anda yang ingin mereview jurnal, maka coba simak detail informasi seputar review jurnal yang berhasil kami rangkum berikut ini!

Contoh Review Jurnah, Contoh Makalah

Cara Review Jurnal yang Tepat

Sebelum membahas lebih lanjut tentang ulasan review jurnal, poin utama yang harus Anda pahami dengan baik seputar mereview jurnal ialah memahami cara-caranya. Berikut ini beberapa cara review jurnal yang akan mempermudah aktivitas mereview jurnal Anda. Yuk simak informasinya!

  • Pilih jurnal dengan jumlah halaman yang sedikit

Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk mempermudah kegiatan mereview jurnal ialah memiliki dulu jurnal yang hendak direview. Untuk Anda para pemula sangat dianjurkan untuk mereview jurnal yang terdiri dari jumlah halaman yang sedikit. Dengan begitu, otomatis Anda bisa memasang kalimat-kalimat yang padat dan singkat sehingga memungkinkan menghemat waktu. Jika Anda memilih jurnal dengan jumlah halaman yang banyak, maka siap-siap untuk menghabiskan waktu yang lebih cepat dan pikiran ekstra yang terkuras.

  • Pilih jurnal yang ringan dengan kandungan isi positif

Cara selanjutnya ialah memilih jurnal yang ringan dan mengandung banyak nilai positif. Perlu diketahui, biasanya penilai lebih condong ke nilai yang positif karena tertarik mendengarkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki sebuah jurnal. Agar lebih menarik, Anda juga bisa menambahkan sedikit opini di jurnal review, namun pastikan tidak sampai ketahuan ya.

  • Pilih jurnal yang sering direview

Tips mereview jurnal ketiga ialah memilih jurnal yang sering di review. Hal ini akan sangat mempermudah kegiatan review jurnal Anda karena kesempatan melakukan copy paste terbuka semakin lebar. Ya, Anda bisa melakukan copy paste dan tulis ulang jurnal kebutuhan Anda. Dengan begitu, Anda bisa menghemat lebih banyak waktu karena tidak perlu membaca ulang dan membuat poin-poin penting tentang isi jurnal dalam jumlah banyak tersebut.

Langkah-Langkah Mereview Jurnal

Ingat, mereview jurnal ilmiah yang dilakukan para mahasiswa tidak sama dengan review benda ya. Meskipun dianggap sulit oleh sebagian besar mahasiswa, nyatanya aktivitas mereview jurnal termasuk hal yang mudah jika Anda telah memahami langkah-langkahnya. Langsung saja, berikut ini langkah mereview jurnal yang bisa Anda ikuti:

  • Lakukan review pada jumlah halaman

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah melakukan review terhadap jumlah halaman jurnal. Anda harus menerangkan secara eksplisit tentang jumlah halaman yang terdapat dalam sebuah jurnal pilihan. Pastikan Anda menerangkan sebanyak mungkin, termasuk hal yang paling rinci seperti jenis kertas yang digunakan pada jurnal sehingga bisa dinilai jika Anda termasuk orang yang teliti. Tentu saja Anda akan memperoleh nilai lebih di mata dosen.

  • Baca poin penting pada jurnal

Pastikan Anda untuk mencari bahan atau  poin penting yang bisa dan layak dipaparkan pada jurnal review. Pilihlah informasi penting dengan ulasan yang singkat dan padat. Singkatnya, Anda harus membaca bagian penting dari jurnal secara keseluruhan terlebih dahulu untuk menemukan inti pembahasan. Memahami poin-poin penting dalam sebuah jurnal akan membuat Anda menghemat banyak waktu dibandingkan membaca jurnal secara keseluruhan. Pastikan pula Anda mencatat setiap poin penting untuk kebutuhan penulisan review jurnal nanti. Saat ini ada banyak contoh review jurnal yang memuat bagian penting yang bisa Anda pelajari.

  • Penulisan review bagian pembuka

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan dalam penulisan review jurnal ialah membuat bagian pembuka. Anda bisa menuliskan bagian pembuka seperti biasanya seperti memuat ucapan puji syukur, terimakasih pada pihak yang telah membantu penulisan jurnal review, beberapa hambatan yang Anda rasakan saat penulisan jurnal review dan lainnya.

  • Buat daftar isi

Yang tidak kalah penting dalam mereview sebuah jurnal ialah membuat daftar isi. Pembuatan daftar isi pada review jurnal sangat dibutuhkan untuk memudahkan para pembaca yang ingin menyimak dan ingin mengetahui inti sari dari sebuah jurnal ilmiah.

  • Penulisan review bagian judul

Dalam penulisan review jurnal bagian judul, pastikan Anda tidak membuat opini sendiri karena judul ialah poin penting yang tidak boleh diubah. Perubahan judul akan menyesatkan para pembaca jika Anda sembarangan dalam melakukannya.

  • Penulisan review bagian keterangan jurnal

Langkah mereview jurnal berikutnya ialah membuat keterangan penulisan jurnal review. Pastikan Anda membuat keterangan jurnal seperti gaya penulisan, nama  penulis, alamat e-mail, penerbit, tahun terbit jurnal dan informasi penting lainnya. Beberapa keterangan yang dimuat pada review jurnal tidak jauh berbeda dengan keterangan yang diletakkan pada jurnal umumnya. Selain itu, pastikan pula Anda menggunakannya secara rinci tanpa menyingkat segala penggunaan kata-kata untuk memperlihatkan ketelitian Anda dalam mereview jurnal.

  • Introduction jurnal

Selanjutnya ialah memperkenalkan tentang jurnal dengan menuliskan secara singkat betapa terkenalnya jurnal pilihan Anda untuk memperoleh nilai plus di mata pembaca. Pastikan pula Anda memperkenalkan penulis dengan memaparkan secara singkat prestasi yang diperoleh penulis jurnal, tempat pembuatan jurnal dan lain yang memperlihatkan sisi bagus dari jurnal tersebut.

  • Metodologi pada jurnal

Tidak jauh berbeda dengan karya ilmiah lainnya, metodologi pada jurnal juga harus dituliskan secara rinci. Pembaca biasanya akan membaca poin penting ini untuk mengetahui keseluruhan penulisan sebuah jurnal ilmiah.

  • Sumber jurnal

Tuliskan pula informasi mengenai sumber jurnal yang Anda peroleh dan jelaskan pula bagaimana cara Anda memperoleh jurnal tersebut.

  • Isi dan hasil review

Yang tidak boleh dilewatkan tentu saja ialah bagian penulisan isi dan hasil review Anda. Anda bisa memaparkannya secara singkat dan padat mengenai informasi penting dan tata cara yang diperoleh dari jurnal tersebut. Poin ini berkaitan dengan poin kedua sebelumnya untuk membaca informasi penting yang terdapat pada jurnal.

  • Kesimpulan

Dalam membuat kesimpulan, Anda bisa menuliskan apa saja yang Anda peroleh dan Anda rasa menarik dari bagian jurnal tersebut. Ambillah sebanyak mungkin poin positif yang terdapat di dalamnya dan paparkan sedikit kekurangan dari jurnal review  pilihan Anda tanpa menjatuhkan penulisnya. Hal ini akan membuat Anda memperoleh nilai bagus dari dosen.

  • Penulisan review bagian penutup

Langkah terakhir ialah membuat penutup. Buatlah penutup menggunakan kata-kata yang bagus dan dapat menyentuh hati para pembaca review jurnal Anda. Jika Anda merasa bingung membuat penutup review jurnal, maka tidak ada salahnya belajar dari panduan atau contoh review jurnal yang baik dan benar.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!