Mengenal Peta Indonesia: Letak, Batas, dan Flora Fauna

Indonesia adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang berbentuk kepulauan. Peta Indonesia menunjukkan betapa luasnya negara ini, terbentang dari Sabang sampai Merauke dengan ribuan pulau kecil dan beberapa pulau besar. Kondisi geografis tersebut menjadi salah satu faktor yang membuat Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah.

Meskipun demikian, pulau-pulau terluar rawan menjadi sasaran klaim negara asing. Apalagi jika Anda sebagai warga negara tidak mengetahui batas wilayah Indonesia, bukan tidak mungkin pulau terpencil dan terluar akan menjadi milik asing. Oleh karena itu, pelajari letak geografis, batas wilayah, pulau-pulau serta keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia sehingga Anda mempunyai kesadaran untuk menjaganya.

Letak Geografis Indonesia

mengenal peta indonesia
yuksinau.id

Secara geografis Indonesia terletak di antara dua benua yaitu Australia dan Asia, serta diapit oleh dua samudera yaitu samudera Hindia dan samudera Pasifik. Letak geografis sedemikian rupa membawa banyak keuntungan bagi Indonesia karena dianggap sebagai lokasi yang strategis untuk melakukan perdagangan, terbukti dengan adanya eksploitasi dagang oleh asing beberapa abad silam.

Selain itu, letak geografis juga membawa beberapa pengaruh bagi Indonesia salah satunya adalah pengaruh iklim. Negara yang diapit oleh dua samudera ini mendapatkan angin laut yang mengandung banyak hujan. Hal ini membuat Indonesia mempunyai iklim tropis. Letak geografis juga membuat Indonesia mempunyai dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Tidak hanya masalah iklim, letak Indonesia yang berada di cross position juga membuatnya menjadi kaya akan keanekaragaman budaya, bahasa, dan agama. Banyak penduduk negara lain seperti Cina dan India yang tinggal di Indonesia sehingga menghasilkan akulturasi budaya.

Batas-Batas Wilayah Indonesia

batas wilayah indonesia
validnews.id

Setiap warga negara, termasuk Anda harus mengetahui batas-batas wilayah Indonesia. Hal ini penting karena berhubungan dengan aktivitas yang bisa Anda lakukan, misalnya menangkap ikan atau menerbangkan pesawat. Selama masih berada di wilayah Indonesia, maka Anda dapat melakukan aktivitas apapun. Namun jika sudah melewati batas wilayah, diperlukan izin dari negara yang bersangkutan.

Selain itu, mengetahui batas wilayah juga sangat penting untuk menjaga kedaulatan. Dengan mengetahui batas wilayah tersebut, warga negara menjadi lebih sadar wilayah mana saja yang wajib dijaga dan tidak. Dengan demikian, tidak ada yang dapat mengklaim wilayah Indonesia sebagai bagian dari negara asing.

Secara umum wilayah Indonesia memiliki luas sekitar 5.455.675 km persegi dengan 2/3 wilayahnya adalah lautan. Batas laut teritorial Indonesia adalah 12 mil ditarik garis ke arah laut lepas. Sedangkan batas Zona Ekonomi Eksklusif adalah 200 mil dari pulau terluar Indonesia saat air sedang surut.

Adapun wilayah darat Indonesia dibatasi oleh 3 negara yaitu Papua New Guinea yang berbatasan langsung dengan Provinsi Papua, Timor Leste yang berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan Malaysia yang berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur.

Untuk wilayah udara, batas negara terbagi menjadi dua yaitu wilayah horizontal dan vertikal. Batas horizontal Indonesia adlaah sama dengan luas wilayah Indonesia yaitu 5.455.675 km persegi. Sementara untuk batas udara vertikal adalah setinggi 110 km dari permukaan.

Pulau-Pulau di Indonesia

pulau di indonesia
santinorice.com

Indonesia merupakan negara kepulauan. Disebut demikian karena negara ini mempunyai ribuan pulau baik yang berukuran kecil maupun besar. Meskipun terpisah-pisah oleh lautan, namun Indonesia tetaplah satu kesatuan dengan pulau Sumatera sebagai pulau paling barat hingga Papua sebagai pulau paling timur Indonesia.

Meskipun mempunyai ribuan pulau, terdapat 5 pulau dengan ukuran paling besar yaitu Papua, Kalimanta, Sumatera, Sulawesi, dan Jawa. Masing-masing pulau tersebut mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan pulau kecil seperti Bali dan Nusa Tenggara.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai pulau-pulau besar yang ada di Indonesia, simak penjelasan berikut ini:

  1. Papua

Pulau Papua, termasuk Papua New Guinea mempunyai luas wilayah 786.000 km persegi. Puncak tertinggi dari pulau ini adalah Puncak Jaya. Papua menjadi pulau yang berada di paling timur Indonesia. Meskipun menjadi pulau terluas, namun wilayah Indonesia hanya mencakup Provinsi Papua saja.

  1. Kalimantan

Pulau terluas kedua di Indonesia adalah Kalimantan dengan luas wilayah 743.330 km persegi dengan jumlah penduduk sekitar 13,7 juta jiwa. Puncak tertinggi dari pulau Kalimantan adalah Kinabalu. Sebagian pulau Kalimantan, tepatnya bagian utara adalah wilayah negara Malaysia.

  1. Sumatera

Sumatera yang juga disebut sebagai pulau Andalas mempunyai luas wilayah 443.065 km persegi dengan jumlah penduduk sekitar 50,6 juta jiwa. Pulau Sumatera terdiri dari 10 provinsi dengan Nangroe Aceh Darussalam sebagai provinsi paling barat.

  1. Sulawesi

Sulawesi menjadi pulau terbesar keempat di Indonesia. Pulau dengan nama lain Celebes ini mempunyai luas wilayah 174.600 km persegi dengan jumlah penduduk 17 juta jiwa. Pulau Sulawesi terdiri dari 6 provinsi yaitu Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Gorontalo.

  1. Jawa

Pulau yang satu ini mempunyai wilayah seluas 126.700 km persegi dengan jumlah penduduk 136 juta jiwa pada tahun 2010. Pulau Jawa menjadi pulau paling padat di Indonesia karena merupakan pusat ekonomi dan pemerintahan. Pulau ini terdiri dari 6 provinsi yaitu Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta.

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

fauna indonesia, komodo, kadal

Indonesia mempunyai kekayaan alam dan keanekaragaman hayati yang luar biasa. Luasnya wilayah dengan letak geografis sedemikian rupa membuatnya kaya akan flora dan fauna yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

  • Persebaran flora

Secara umum persebaran flora di Indonesia terdiri dari flora Jawa-Bali, flora Sumatera-Kalimantan, dan flora Wallace-Papua. Persebaran tersebut dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor iklim dan faktor benua karena terletak di antara benua Asia dan Australia.

Flora Jawa-Bali tersebar di wilayah Jawa, Madura, dan Bali. Kawasan tersebut mempunyai hutan tropis dengan karakter daun-daun yang meranggas saat musim kemarau. Flora khas hutan tropis adaah pohon jati dan pohon kepel.

Adapun flora Sumatera-Kalimantan juga tersebar di pulau-pulau kecil sekitarnya seperti Natuna, Batam, Nias, dan lain sebagainya. Yang menjadi flora Sumatera-Kalimantan antara lain pohon meranti, anggrek, lumut, dan paku-pakuan. Bunga Bangkai juga menajdi tumbuhan endemik pulau ini.

Sedangkan Flora Wallace-Papua tersebar di wilayah Sulawesi, Kepulauan Maluku, Nusa Tenggara, dan Timor. Contoh flora di wilayah ini antara lain pohon sagu, rempah-rempah, kenari, kayu eboni, dan lontar.

  • Persebaran fauna

Sedangkan persebaran fauna terbagi menjadi 3 kelompok yang dikenal dengan kelompok barat, kelompok timur, dan kelompok tengah. Fauna barat bertipe asiatis dan biasa menghuni pulau Sumatera hingga Jawa. Contoh fauna ini adalah rusa dan harimau.

Fauna tengah disebut fauna peralihan dan menghuni wilayah Sulawesi hingga Nusa Tenggara. Contoh fauna tengah adalah komodo. Sedangkan fauna timur berada di wilayah Maluku hingga Papua. Burung cenderawasih menjadi salah satu contoh fauna timur.

Dengan mengenali peta Indonesia beserta batas wilayah hingga persebaran flora dan fauna, Anda bisa lebih memahami kekayaan alam di Indonesia. Dengan begitu Anda bisa lebih mencintai dan berusaha menjaganya.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!