Mengenal Lebih Dalam Pcare BPJS dan Fungsinya

Kesehatan memang sangat penting sekali untuk dijaga dan perhatikan dengan baik. Namun, tahukah Anda bahwa kita sebagai warga negara Indonesia, tentu saat ini kita juga telah diberikan jaminan kesehatan yaitu seperti BPJS Kesehatan. Tak hanya itu saja, kartu BPJS ini tentunya dimiliki dan dipegang oleh setiap warga negara dan ini juga sesuai dengan tingkatan serta pembayaran iuran yang berbeda-beda pula. Selain itu, Anda sebagai pengguna BPJS Kesehatan memang membutuhkan informasi yang penting seputar jaminan kesehatan ini bukan? Nah, saat ini telah muncul yang namanya Pcare BPJS. Oleh karena itu, untuk dapat mengenal lebih dalam mengenai Pcare BPJS maka dibawah ini Anda bisa melihatnya.

pcare bpjs, manfaat bpjs, pencairan bpjs

Apa Itu Pcare BPJS?

Mungkin ada beberapa pengguna BPJS Kesehatan yang masih asing dengan Pcare BPJS ini. Nah, untuk informasi mengenai hal ini tentu bisa Anda dapatkan dengan mudah disini khususnya mengenai informasi Pcare BPJS. Jadi, Pcare BPJS merupakan salah satu aplikasi yang berbasis website yang memang dirancang dan disediakan oleh pihak terkait untuk FKTP (fasilitas kesehatan tingkat pertama). Tak hanya itu saja, mengingat memang adanya keterbatasan untuk sistem teknologi yang ada pada FKTP, maka Pcare BPJS ini diciptakan dan dirancang dengan baik sehingga bisa meningkatkan pelayanan pada fasilitas kesehatan tersebut. Selain itu, aplikasi Pcare BPJS ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 2014 dan sampai saat ini akan terus diperbarui baik itu fungsi dan kegunaannya.

Fungsi Pcare BPJS

Selain melihat dari apa itu sebenarnya Pcare BPJS maka disini Anda juga bisa melihat fungsi dari Pcare BPJS. Dimana fungsi yang ada pada aplikasi ini memang sudah disesuaikan dengan semua kebutuhan akses pada data puskesmas. Oleh karena itu, aplikasi ini tentu akan berisi mengenai sistem informasi untuk pelayanan khususnya untuk para pasien. Tak hanya itu saja, nantinya dimana fasilitas kesehatan primer atau puskesmas akan dapat diakses langsung ke server BPJS. Untuk itu, dengan adanya aplikasi ini maka sangat membantu sekali para pasien untuk melakukan pendaftaran, terapi pengobatan, penegakan diagnosa hingga pelayanan laboratorium.

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi Pcare BPJS?

Namun, bagaimana cara mengakses aplikasi Pcare BPJS ini? Nah, untuk mengaksesnya sangat mudah sekali. Dimana Anda bisa mengunjungi alamat website resmi atau Anda juga bisa menggunakan aplikasinya dan mendownload melalui Google Play Store pada smartphone Android Anda. Apabila sudah, buka aplikasi yang telah terinstall dan masukan username dan password.

Nah, perlu diingat bahwa aplikasi Pcare BPJS ini hanya bisa digunakan untuk fasilitas kesehatan saja dan bukan untuk umum. Oleh karena itu, yang dapat masuk ke faskes atau disebut juga dengan fasilitas kesehatan hanyalah yang memiliki user login saja. Untuk itu, apabila memang Anda ingin menggunakan aplikasi Pcare ini maka Anda harus bisa mendapatkan user loginnya. Caranya yaitu Anda harus melakukan pendaftaran ke kantor BPJS Kesehatan setelah itu Anda sudah bisa menggunakan aplikasi ini serta mendapatkan informasi seputar kesehatan.

Fitur-Fitur Pada Aplikasi Pcare BPJS

Seperti yang Anda lihat bahwa Pcare BPJS ini secara umum memang dapat memproses data dengan secara digital. Dimana pada awal sebelum hadirnya aplikasi ini tentu untuk proses antrian administratif untuk fasilitas kesehatan BPJS akan dapat memakan waktu yang lama. Namun, dengan adanya aplikasi Pcare ini maka semuanya dapat diatasi dengan baik dan tidak perlu membuang waktu lebih lama. Selain itu, pada aplikasi Pcare BPJS ini juga terdapat berbagai macam fitur yang perlu Anda ketahui dan dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, fitur yang bisa digunakan disini yaitu seperti:

  • Informasi iuran keanggotaan untuk setiap bulannya.
  • Manfaat BPJS
  • Pcare login
  • Prosedur pendaftaran peserta BPJS mandiri atau instansi
  • Cek pembayaran iuran
  • Pencarian fasilitas kesehatan
  • Pendaftaran peserta BPJS
  • Health Facilities Information System (HFIS)

Mengenal Menu Pada Aplikasi Pcare BPJS

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini maka Anda bisa langsung mengunjungi situs website seperti yang tertera diatas atau mendownloadnya melalui playstore smartphone Anda. Jika sudah maka Anda bisa memasukan username dan password yang telah Anda daftar melalui kantor BPJS Kesehatan. Apabila sudah maka login Anda akan berhasil dan Anda juga akan dibawa menuju halaman Pcare yang nantinya akan berisi indeks terhadap pasien tersebut. Selain itu, nantinya Anda juga akan bisa menemukan menu yang lainnya seperti home, entri data, pendaftaran pasien, pelayanan pasien, tools, lihat data dan  keterangan fasilitas kesehatan.

Keuntungan Dalam Menggunakan Aplikasi Pcare BPJS

Setelah mengetahui apa saja fungsi dan informasi dari Pcare BPJS tentu tidak lengkap rasanya tanpa ada informasi mengenai keuntungannya bukan? Nah, berikut ini ada beberapa keuntungan yang dapat Anda temukan jika menggunakan aplikasi Pcare BPJS.

  1. Proses Pendaftaran Lebih Mudah

Dengan adanya aplikasi ini semua masalah memang dapat diatasi dengan baik. Pasalnya aplikasi Pcare BPJS ini bisa Anda gunakan untuk mendaftar pada saat Anda ingin berobat hanya dengan menginput data ataupun memasukan nomor maka nantinya data Anda akan muncul.

  1. Dapat Mempercepat Proses Diagnosa

Apabila Anda berobat menggunakan aplikasi ini maka semua data rekam medis Anda akan bisa terekam di dalam aplikasi Pcare ini. Oleh karena itu, nantinya para petugas yang bertanggung jawab akan dapat dengan mudah melakukan review kembali hanya dengan melihat hasil riwayat penyakit pada pasien tersebut. Tak hanya itu saja, dengan begitu pelayanan kesehatan ini juga akan dapat dilakukan dengan lebih cepat.

  1. Rujukan Akan Dapat Lebih Mudah

Selanjutnya yaitu dapat lebih mudah mendapatkan surat rujukan apabila menggunakan aplikasi ini. Dimana ini juga termasuk kedalam keuntungan jika menggunakan aplikasi Pcare BPJS. Bagaimana tidak? Karena rujukan memang dapat dilakukan dengan mudah secara online terutama ke pihak rumah sakit yang memang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan sehingga prosesnya akan dapat lebih mudah dilakukan.

  1. Data Pasien Sudah Terintegrasi

Maksudnya disini yaitu dimana data pasien yang memang telah terdaftar dan menggunakan aplikasi Pcare BPJS ini memang sudah dapat ditemukan dengan mudah di semua layanan kesehatan khususnya seperti klinik ataupun puskesmas. Hal seperti ini tentu akan membuat para petugas medis lebih mudah untuk memberikan pengobatan kepada para pasien dengan cara lebih baik lagi.

Jadi, jika berbicara mengenai keuntungan memang sangat banyak sekali ditemui khususnya untuk penggunaan aplikasi Pcare BPJS ini. Oleh karena itu, jika Anda tidak mau ketinggalan informasi seputar fasilitas kesehatan maka Anda bisa langsung mengunjungi website seperti diatas atau menginstalnya melalui smartphone Android Anda dengan mudah. Selain itu, di atas Anda juga bisa melihat berbagai informasi yang penting dan bermanfaat mengenai Pcare BPJS serta yang pastinya bisa membawa pengetahuan yang baru mengenai hal ini.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!