Ide Lomba 17 Agustusan Unik, Lucu, Kreatif dan Kekinian

Bulan agustus nanti kita akan merayakan HUT RI Ke-74, sebagai rasa syukur atas kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini biasanya masyarat merayakannya dengan menggelar berbagai pengajian, dzikir dan juga perlombaan-perlombaan yang beraneka ragam.

Biasanya perlombaan untuk memperingati 17 agustus ini sudah masyarakat siapkan sejak awal bulan agustus, karena banyaknya hal-hal yang harus di konsep terlebih dahulu, mulai dari pembentukan panitia 17 agustusan, pembuatan proposal, jenis perlombaan apa saja yang akan di sajikan kepada masyarakat. Karena bisanya semua lapisan masyarakat mulai dari anak-anak, ibu-ibu, bapak-bapak, bahkan yang sudah lanjut usia pun ingin ikut berpartisipasi dalam memperingati hari kemerdekaan ini.

logo hut ri ke 74

Untuk itu pada kesempatan ini kami ingin berbagi informasi jenis-jenis perlombaan 17 agustusan apa saja yang bakalan seru apabila anda sajikan ke masayarakat di kampung anda. Biasanya lomba-lomba yang biasa kita saksikan ketika 17-an itu sebatas panjat pinang, balap karung, makan kerupuk. Namun masih ada banyak lomba yang bisa anda coba terapkan di tengah masayrakat anda.

Baca juga: Inilah Peta Indonesia dan Flora Fauna yang mungkin anda belum ketahui!

  1. Panjat Pinang

Sudah saya jelaskan sebelumnya, salah satu lomba yang sering kita jumpai di tengah masyarakat Indonesia adalah panjat pinang, baik untuk orang dewasa dan anak-anak. karena lomba ini sangat seru dan juga susah, namun dibalik itu semua masyarakat bisa menikmati perlombaan ini.

Ada beberapa pelajaran yang bisa diambil dari lomba panjat pinang ini, dimana kerja sama tim itu sangat penting, ketika sedang dibawah kita tetap bersabar dan kuat menahan beban yang berat, ketika sedang di puncak tidak melupakan orang-orang yang berjasa sehingga dia bisa sampai di puncak.

panjat pinang lucu, pria, wanita, anak-anak

Lomba panjat pinang ini saya pikir yang paling ribet dan mahal ya, karena saya sendiri pernah menjadi panitia perlombaan 17 agustusan di kampung saya, dan persiapan yang dilakukan pun cukup banyak. Kita harus membeli pohon jambe yang sudah di bersihkan, atau kita bisa membeli bekas pake orang. Selain itu kita juga harus menyiapkan berbagai jenis hadiah yang digantung diatas pohon jambe ini, biasanya terdiri dari pakaian, makanan, minuman, alat-alat rumah tangga, dll.

  1. Balap Karung

Balap karung pun juga tidak kalah populer dengan lomba panjat pinang, dimana lomba ini tidak begitu membutuhkan biaya yang besar seperti panjat pinang. Hanya membutuhkan beberapa karung saja untuk digunakan sebagai media perlombaan.

 

permainan tradisional balap karung

Cara menentukan siapa pemenang dari lomba ini pun sangat mudah, siapa yang bisa sampai di garis finish duluan dialah yang keluar sebagai pemenang nya.

Namun, meskipun terlihat mudah lomba ini sebetulnya butuh tenaga ekstra dan fisik yang kuat, karena kita harus terus meloncat agar untuk bisa sampai di garis finish.

  1. Makan Kerupuk

Nah, jika anda tidak ingin ribet lomba yang satu ini juga tidak kalah populer dengan dua lomba diatas, syaratnya pun anda hanya butuh beberapa kerupuk yang di ikat ke tiang, lalu tangan peserta lomba di ikat ke belakang agar dia tidak menggunakan tangannya ketika memakan kerupuk.

lomba agustusan unik, kreatif, kekinian

Jadi yang harus di persiapkan panitia hanyalah bambu sebagai tiang, kerupuk, dan juga tali untuk mengikat kerupuk dan tangan peserta. Sedangkan untuk menentukan pemenang dari lomba ini pun cukup gampang, siapa yang bisa menghabiskan kerupuknya paling cepat dialah pemenang nya.

Lomba ini pun bisa di ikuti semua kalangan, baik anak-anak, ibu-ibu, bapak-bapak, dll.

  1. Sepakbola Menggunakan Daster

Nah, lomba ini paling diminiati ditempat saya, karena terus terang saja selain seru, capek, juga bikin ketawa para penonton. Singkatnya lomba ini harus dipersiapkan secara matang agar jadwal yang dibuat tidak berantakan. Karena sepertu turnamen sepakbola pada umumnya lomba ini juga dibuat tim dan bagan pertandingan.

lomba lucu sepakbola
tirto.id

Lomba ini biasanya dimulai sejak awal bulan agustus, sehingga ketika sampai di hari H atau 17 agustus pertandingan semi final dan final yang akan tersaji di hari itu. Yang perlu diperhatikan adalah setiap tim harus mendaftarkan setidaknya 7 orang, dimana 5 sebagai pemain utama, 2 sebagai cadangannya. Selain itu setiap tim harus membayar uang pendaftaran minimal 50rb/tim.

Namun hal ini bisa anda sesuaikan dengan lapangan yang digunakan, apabila lapangan anda luas mungkin anda bisa menambahkan jumlah pemainnya. Selain itu biasanya umur peserta yang boleh ikut lomba ini minimal 15+, karena seperti kita ketahui lomba ini lumayan keras apabila di ikuti anak dibawah umur.

Di tempat saya sendiri awalnya kita data orang yang ingin ikut serta, lalu kita filter dari umurnya. Jadi dalam satu tim tersebut terdiri dari orang tua, dewasa dan abg. Karena khawatir apabila setiap tim memilih sendiri anggota nya kekuatan menjadi tidak seimbang. wkwk.

  1. Voli Dengan Net Tertutup

Untuk jenis lomba satu ini tentunya di tempat anda harus mempunyai lapangan voli atau bisa juga anda membuatnya secara mendadak apabila ada lahan kosong di kampung anda. Bahan yang dibutuhkan apabila anda ingin membuat lapangan voli untuk lomba ini hanyalah bambu untuk tiang, bola voli, dan net.

lomba kreatif

Yang membuat menarik dari lomba ini adalah net yang digunakan beda dengan biasanya, dimana agar lomba ini menarik maka net harus ditutup secara penuh supaya kedua tim tidak saling tahu kemana arah bola akan datang.

Jadi untuk mengganti net voli standar anda bisa menggunakan kain panjang, atau terpal untuk bisa menutupi net nya. Selain itu untuk pemilihan pemain anda harus mengacak nya supaya dalam satu tim itu tidak pemain asli voli aja, bahkan ada peserta yang belum pernah bermain voli sebelumnya.

  1. Tarik Tambang

Lomba Tarik Tambang ini saya yakin sudah tidak asing lagi bagi anda semua, dimana memang sudah sejak dulu lomba ini ada. Lomba ini sama irit nya dengan lomba balap karung, hanya butuh satu buat tambang ukuran besar dan panjang aja agar lomba ini bisa berjalan.

lomba tarik tambang
masalembo.com

Peserta biasanya terdiri dari dua tim yang akan bertanding, bisa 7 orang atau lebih dalam satu tim apabila memang banyak pesertanya. Selain itu lomba ini juga bisa di ikuti oleh ibu-ibu dan juga anak-anak agar lebih seru aja ketika di tonton banyak orang.

  1. Memindahkan Belut

Belut adalah salah satu hewan yang biasa digunakan pada lomba 17 agustusan, karena binatang ini memiliki lendir dan licin ketika dipegang. Bagi yang tidak tahu trik memegang belut yang benar tentunya agak kesulitan untuk sekedar menangkapnya.

lomba pegang belut

Pada lomba belut ini peserta harus memindahkan belut sebanyak-banyaknya ke wadah kosong yang sudah di siapkan panitia. Saya ambil contoh wadah yang berisi belut di simpan di ujung timur, dan wadah yang kosong nya di ujung barat, jarak nya bisa anda atur sesuai tempat anda.

Jadi peserta harus dengan cepat memindahkan belut dari sisi timur ke sisi barat kedalam wadah yang kosong. Setelah waktu habis nanti panitia akan menghitung berapa banyak belut yang berhasil dipindahkan peserta, belut yang terbanyak dipindahkan dialah pemenangnya.

  1. Pukul Kendi

Kendi adalah salah satu barang yang terbuat dari tanah liat yang sudah di bakar, biasanya digunakan sebagai tempat menyimpan air. Pada tahun 90an keluarga saya juga menggunakan kendi ini untuk menyimpan air putih, biasanya air yang disimpan di kendi itu punya rasa yang segar.

lomba pukul kendi

Namun pada lomba ini kendi digunakan sebagai media untuk dihancurkan peserta. Kendi ini pada mulanya di isi air mentah hingga penuh, lalu digantung dengan tali diatas bambu yang sudah disiapkan, biasanya ada lebih dari 4 kendi yang diberi jarak sekitar 1 meter.

Peserta juga biasanya menyesuaikan dengan banyaknya kendi yang digantung, misalnya ada 4 orang peserta dalam satu sesi, maka kendi yang digunakan juga 4 buah. Setelah itu peserta biasanya ditutup matanya dengan kain, lalu badannya diputar beberapa kali, lalu peserta disuruh berjalan lurus menuju kendi di depannya. Siapa yang berhasil memukul kendi berisi air hingga pecah lebih dulu dialah pemenangnya.

  1. Mengambil Uang Logam Dengan Gigi

Nah, ini nih salah satu loba favorit saya. Lomba ini paling seru menurut saya, dimana peserta harus mengambil uang yang di tanam di buah pepaya muda yang sudah dilumuri oli yang hitam pekat.

ide lomba 17 agustusan
www.youtube.com/watch?v=35sUPmGDkv8

Uang logam di tanam hingga memenuhi semua bagian dari buah pepaya muda, lalu dilumuri oleh oli atau minyak. Lalu dengan tangan terikat peserta harus mengeluarkan uang logam yang ada pada pohon pepaya itu menggunakan gigi. Siapa yang bisa mengumpulkan uang logam paling banyak setelah waktu habis, maka dialah pemenangnya.

 

Masih banyak jenis perlombaan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia, nanti akan saya tambahkan apabila ada umur dan waktu.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!