Hak dan Kewajiban Warga Negara

Sebagai warga negara Indonesia, sudahkah Anda mengetahui apa saja hak dan kewajiban warga negara yang Anda miliki? Atau sudahkah Anda memahami apa itu hak dan kewajiban tiap warga untuk negaranya?

Pada dasarnya hak dan kewajiban merupakan dua hal yang berbeda. Akan tetapi keduanya saling berkaitan satu sama lainnya dan tidak dapat terpisahkan. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut ini adalah informasi untuk Anda terkait hak dan kewajiba sebagai warga negara Indonesia.

Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia

hak dan kewajiban warga negara
yuayuazizah.wordpress.com

Seorang warga negara Indonesia yang baik tentunya harus mengetahui apa saja hak dan kewajiban yang dimiliki. Dengan demikian, hak dan kewajiban akan menjadi penyeimbang serta pedoman Anda dalam berlaku maupun bertutur kata. Terlebih lagi, negara Indonesia adalah negara hukum yang nyaris kesemua tindakan memiliki aturan tersendiri dalam Undang-Undang.

  1. Pengertian hak dan kewajiban

Sebelum mengulas lebih lanjut seputar hak dan kewajiban ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan hak dan kewajiban. Hak merupakan sebuah kuasa untuk melakukan maupun menerima sesuatu yang sudah semestinya dilakukan atau diterima oleh seseorang maupun sekelompok orang.

Sementara itu, kewajiban ialah suatu beban guna melakukan atau mengerjakan sesuatu yang memang sudah seharusnya dilakukan maupun dikerjakan oleh seseorang maupun sekelompok orang tersebut. Meski memiliki perbedaan pengertian, baik hak maupun kewajiban sama-sama tidak dapat dilakukan maupun dikerjakan oleh orang lain di luar dari yang berkepentingan.

Hak dan kewajiban pada dasarnya saling berkaitan dan tidak dapat terpisahkan satu sama lainnya. Jika terjadi pelanggaran terhadap salah satu dari keduanya, maka akan ada sanksi maupun tuntutan oleh yang berkepentingan tersebut.

Menyoal hak dan kewajiban warga negara yakni pemerintah dan warga negaranya, maka keduanya harus saling mengerti dan memahami posisi masing-masing sehingga sebagai warga negara maupun pemerintahnya harus memahami apa saja hak dan kewajiban yang dimiliki. Dengan demikian, jika terjadi keseimbangan tersebut niscaya akan tercipta keharmonisan dan kerukunan pada keduanya.

  1. Hak warga negara Indonesia

Hak merupakan kuasa guna menerima maupun mengerjakan sesuatu atau suatu hal yang semestinya diterima dan dilakukan oleh pihak tertentu serta tidak dapat dirampas secara paksa oleh pihak manapun dengan alasan apapun.

Jika dilihat dari kacamata hak warga negara, maka hak tersebut merupakan hak yang dimiliki oleh seorang warga negara dari negaranya sendiri. Adapun hak warga negara di antaranya sebagai berikut.

  • Hak pribadi 

Dikenal sebagai personal rights, hak asasi pribadi merupakan hak yang meliputi kebebasan menyatakan pendapat, memeluk agama, bergerak, aktif berorganisasi hingga ikut ke dalam suatu perkumpulan.

Dalam kaitannya sebagai warga negara, adapun contoh hak yang dimaksud ialah bebas memeluk agama yang diyakininya dan tidak ada paksaan dari pihak manapun. Di samping itu, hak asasi pribadi sebagai warga negara lainnya ialah bebas mengemukakan pendapat seperti halnya di forum-forum politik maupun dalam rapat tertentu.

  • Hak ekonomi

Disebut sebagai property rights, hak ekonomi adalah hak untuk memiliki, membeli serta menjual dan memanfaatkan sesuatu. Dalam konteks sebagai warga negara hak ekonomi yang dimiliki Anda ialah bebas dalam memiliki pekerjaan yang layak serta memiliki kebebasan untuk melakukan transaksi.

  • Hak politik 

Politics rights atau hak politik merupakan hak untuk ikut serta dalam urusan pemerintahan. Adapun contoh hak politik yang dimiliki Anda sebagai warga negara Indonesia ialah memiliki kebebasan untuk mencalonkan diri sebagai anggota legislatif, mendirikan partai politik hingga memilih anggota legislatif maupun presiden.

  • Hak hukum

Hak hukum atau yang dikenal dengan rights of legality equality adalah hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama di mata hukum dan pemerintahan. Jika dilihat dari kacamata sebagai warga negara Indonesia, maka hak hukum yang Anda miliki di antaranya hak untuk mendapatkan perlindungan hukum yang layak, hak yang serupa dalam proses hukum serta hak memperoleh keadilan.

  • Hak sosial dan budaya

Hak sosial dan budaya atau social and culture rights adalah hak yang menyangkut seorang warga negara untuk memilih pendidikan, hak untuk mengembangkan kebudayaan dan lain sebagainya. Contoh hak sosial dan budaya di antaranya hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak hingga hak untuk menentukan pendidikan.

  1. Kewajiban warga negara Indonesia

Kewajiban merupakan tugas yang harus dikerjakan dan tidak boleh dikerjakan oleh orang lain yang mana jika tidak dikerjakan maka akan memperoleh sanksi yang mengikat.  Dalam kaitannya sebagai kewajiban seorang warga negara Indonesia maka berikut ini adalah beberapa contoh kewajiban yang dimiliki warga negara Indonesia dan tercantum dalam UUD 1945.

  • Wajib membayar pajak

Tiap-tiap warga negara Indonesia yang sudah memiliki kriteria dikenai pajak, wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat atau pemerintah daerahnya masing-masing.

  • Wajib menghormati hak orang lain 

Seperti tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28 J ayat 1, tiap-tiap warga negara Indonesia wajib untuk menghormati hak yang dimiliki oleh orang lain serta tidak boleh untuk melakukan tindakan melanggar hukum atasnya.

  • Wajib taat terhadap Undang-Undang 

Tiap-tiap warga negara Indonesia diwajibkan untuk mematuhi serta tunduk kepada pembatasan yang telah ditetapkan di dalam Undang-Undang yang berlaku. Hal tersebut sesuai dengan UUD 1945 pasal 28 J ayat 2.

  • Wajib ikut serta dalam pembangunan 

Setiap warga negara Indonesia diwajibkan untuk ikut serta di dalam pembangunan guna memajukan bangsa dan negara menuju tujuan dan arah yang lebih baik lagi. Kewajiban tersebut sesuai dengan aturan Undang-Undang 1945 pasal 28.

  • Wajib menghormati dasar negara

Sebagai warga negara Indonesia, Anda diwajibkan untuk menaati serta menjunjung tinggi dasar negara Pancasila. Selain itu, Anda juga memiliki kewajiban dalam hal menaati, menghormati serta menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali serta wajib untuk menjalankannya dengan sebaik-baiknya.

  • Wajib bela negara

Selaku warga negara Indonesia yang baik, Anda memiliki kewajiban untuk melakukan bela negara, mempertahankan  kedaulatan negara Indonesia dari ancaman maupun serangan musuh. Kewajiban tersebut tercantum dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pasal 30 ayat 1.

  1. Hak dan kewajiban warga negara Indonesia

Di dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 memuat beberapa pasal yang menyebutkan hak dan kewajiban setiap warga negara Indonesia. Adapun pasal-pasal yang dimaksud tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Pasal 26 ayat 1 mengenai syarat-syarat menjadi warga negara Indonesia.
  • Pasal 27 ayat 1 mengenai kedudukan hukum serta kebebasan memilih pekerjaan dan memiliki penghidupan yang layak.
  • Pasal 28 mengenai kebebasan berpendapat.
  • Pasal 30 ayat 1 mengenai bela negara.

Beberapa hak dan kewajiban warga negara Indonesia tersebut kiranya dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai hak maupun kewajiban sebagai warga negara Indonesia yang baik. Anda harus mampu menjalankan masing-masing di antaranya dengan seimbang agar tercipta hubungan yang harmonis dan kerukunan bersama.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!