Contoh Daftar Riwayat Hidup Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia Profesional

Contoh daftar riwayat hidup – Daftar riwayat hidup atau biasa dikenal dengan istilah Curriculum Vitae (CV) ialah berkas yang berisi tentang riwayat hidup calon pelamar. Dalam daftar CV biasanya berisi biodata, informasi Pendidikan, riwayat pekerjaan, keahlian, dan lainnya. Secara umum saat Anda hendak mendaftar pekerjaan, maka perusahaan yang dilamar ppun akan meminta berkas-berkas persyaratan lamaran di sebuah perusahaan. Jadi, daftar riwayat hidup adalah salah satu dokumen yang sifatnya wajib dilampirkan saat akan melamar pekerjaan.

Setiap perusahaan biasanya mempunyai aturan tersendiri tentang surat lamaran yang dibuat. Pada umumnya perusahaan memperkenankan calon karyawannya mengirimkan surat lamaran beserta daftar riwayat hidup yang sudah di print atau dicetak. Namun ada beberapa perusahaan tertentu yang mewajibkan para calon karyawannya untuk menulis sendiri CV dan surat lamaran kerja

Membuat CV sendiri sebenarnya sangat mudah, tapi tidak bagi yang baru lulus sekolah atau yang belum pernah sama sekali melamar pekerjaan yang masih kebingungan bagaimana membuat CV yang baik. Karena itu, Kami mengulas artikel mengenai contoh daftar riwayat hidup yang baik dan benar untuk Anda!

daftar riwayat hidup yang benar

Bagaimana Isi Daftar Riwayat Hidup Secara Umum?

Sebelum Anda membuat CV yang baik dan benar, Anda harus mengetahui terlebih dulu apa saja informasi yang terdapat dalam CV secara umumnya. Proses di atas sangat berguna bagi Anda, sehingga Anda dapat menampilkan berbagai informasi penting yang dibutuhkan, sehingga tidak menampilkan beberapa informasi yang tidak sesuai atau tidak diperlukan.

Berikut poin-poin penting dan umum yang terdapat dalam daftar riwayat hidup, seperti diantaranya :

  1. Data diri, untuk menyertakan data diri sebaiknya isi data diri Anda dengan benar sesuai kartu identitas, seperti informasi nama lengkap beserta title jika ada, kemudian tuliskan alamat rumah, tempat tanggal lahir, email, nomor telepon dan website (jika ada).
  2. Deskripsikan diri Anda, mendeskripsikan diri wajib dilakukan supaya orang yang akan menerima Anda sebagai karyawannya bisa mengenal kepribadian dan karakter Anda.
  3. Riwayat Pendidikan, tuliskan/sertakan riwayat Pendidikan yang sudah pernah Anda tempuh mulai dari SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi.
  4. Skill/keahlian, merupakan hal yang penting untuk membuktikan bahwa Anda memiliki keahlian di bidang tertentu, ini sangat membantu perusahaan untuk memilih Anda bahwa skil atau keterampilan Anda sesuai dengan kualifikasi yang mereka butuhkan.
  5. Prestasi dan organisasi yang pernah Anda ikuti, poin ini juga penting sebagai tambahan kualifikasi yang Anda miliki.
  6. Pengalaman kerja, jika Anda sudah pernah bekerja sebelumnya tentu harus menyertakan pengalaman kerja. Biasanya perusahaan akan mempertimbangkan jika Anda pernah bekerja di bidang yang sama sesuai kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan baru.

Mulai Membuat Daftar Riwayat Hidup

Cara membuat daftar riwayat hidup yang menarik ialah yang desain dan isinya relevan. Buatlah desain CV yang tidak terlalu simple tapi benar-benar berisi meskipun terkesan minimalis, dibuat dengan layout yang baik dan rapi dan dibuat dengan desain yang sangat mudah dibaca. Ada berbagai macam contoh daftar riwayat hidup dan format CV yang bisa Anda dapatkan di internet. Sebaiknya pilih desain daftar riwayat hidup yang sederhana dikombinasikan dengan warna-warna yang menarik dan pantas, kemudian pakai symbol-simbol tertentu yang bisa dipahami pembaca. Sehingga CV Anda terlihat professional dan berkesan bagi pembacanya.

Saat desain CV dirasa sudah sesuai, hal yang harus Anda tuliskan pertama kali di dalamnya ialah sesuai dengan isi daftar riwayat hidup secara garis besar, seperti berikut ini :

  1. Cantumkan kelengkapan data/identitas diri, berupa nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, alamat email, nomor telepon, dan sertakan pas foto Anda yang terbaru.
  2. Tuliskan jenjang Pendidikan dengan lengkap.
  3. Paparkan karakter Anda secara ringkas, jelas dan padat.
  4. Deskripsikan skill atau keahlian yang dimiliki khususnya keahlian di bidang yang sesuai dengan kualifikasi pekerjaan yang dibutuhkan di perusahaan tempat Anda melamar.
  5. Jika Anda sudah pernah bekerja, tuliskan pengalaman bekerja dan apa saja penghargaan serta pencapaian yang pernah diraih jika ada. Poin ini bisa memberikan nilai plus integritas diri Anda di mata perusahaan yang dilamar.
  6. Cantumkan berbagai seminar dan pelatihan/ workshop yang pernah Anda ikuti untuk menambah keahlian/skill Anda.
  7. Cantumkan informasi mengenai diri Anda sendiri yang relevan dan sesuai dengan pekerjaan serta berdasarkan referensi beberapa orang di perusahaan, ataupun tempat bekerja Anda sebelumnya.

Baca Kembali Daftar Riwayat Hidup dan Perbaiki Kesalahannya

Langkah berikutnya ialah baca kembali daftar riwayat hidup yang sudah dibuat. Poin ini juga penting untuk memastikan bahwa daftar riwayat hidup Anda telah tersusun rapi sekaligus dapat meminimalkan kesalahan pembuatan CV. Hal yang seringkali terjadi adalah terjadi kesalahan ketik atau typo. Karena itu, periksa kembali ejaan dan tata Bahasa yang Anda gunakan. Pastikan CV yang Anda buat memakai kalimat dan kata-kata yang baku.

contoh riwayat hidup bahasa inggris

Tips Penting Dalam Pembuatan Daftar Riwayat Hidup

Bagi para pemula yang baru saja lulus sekolah tentu bingung bagaimana contoh daftar riwayat hidup yang benar. Namun Anda tak perlu khawatir, Kami akan berikan gambar contoh CV yang professional. Hal yang harus dipahami dalam pembuatan daftar riwayat hidup adalah pastikan Anda membuat daftar riwayat hidup yang tak hanya rapi dan professional saja, tetapi juga jujur dengan menjelaskan riwayat kehidupan Anda dan pencapaian yang pernah Anda buat.

Hal ini dikarenakan CV merupakan komponen yang paling penting yang mempengaruhi apakah Anda diterima di perusahaan tersebut ataukah tidak. Untuk itu, pahami poin-poin penting di bawah ini:

  • Buatlah CV dengan jelas, agar lebih mudah dipahami dan dibaca.
  • Jangan lupa menulis CV dengan lengkap, contohnya pernah bekerja di sebuah perusahaan dan sebutkan nama perusahaannya, sebutkan jabatan Anda di perusahaan sebelumnya, berapa lama Anda bekerja di perusahaan tersebut.
  • Jangan pernah memanipulasi daftar riwayat hidup.
  • Hindari menulis pengalaman-pengalaman tidak penting, misalnya lomba puisi, menyanyi, dan lain sebagainya, terkecuali pengalaman atau pencapaian tersebut relevan dengan posisi jabatan yang Anda lamar di perusahaan tersebut.
  • Untuk menulis CV, sebaiknya diawali dari jenjang Pendidikan peling tinggi ke paling rendah. Seperti Pendidikan di perguruan tinggi, SMA, SMP, SD, kemudian sebutkan nama sekolah/instansi beserta tahun kelulusannya. Jika Anda pernah mengenyam Pendidikan non formal selain Pendidikan formal, tuliskan Pendidikan formalnya lebih dulu, kemudian bisa dilanjutkan dengan mengikuti Pendidikan non formal.
  • Dalam penulisan data-data pribadi, pastikan yang penting-pentingnya saja dan ringkas, seperti nama lengkap, agama, tempat tanggal lahir, alamat, status, jenis kelamin, nomor ponsel, email, dan sebagainya.
  • Pastikan pas foto yang Anda gunakan adalah pas foto terbaru.

Untuk lebih jelasnya, Kami akan berikan contoh daftar riwayat hidup menggunakan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang bisa Anda pilih.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!