Penjelasan Terkait Kode Bank dan Daftar Kode Bank di Indonesia

3 min read

daftar kode bank indonesia lengkap

Kode bank adalah deretan angka yang digunakan sebagai kode transfer uang sekaligus menjadi identifikasi dari suatu bank. Dalam kehidupan sehari hari kita tidak terlepas dari aktivitas transaksi setiap harinya. Di dalam transaksi jual beli tersebut pasti terdapat yang namanya pembayaran atas barang yang dibeli oleh si konsumen. Pembayaran dapat dilakukan secara cash atau tunai maupun dengan cara transfer melalui masing-masing  bank yang digunakan oleh pihak pembeli. Bagi seseorang yang sering berada dalam proses transfer uang melalui mesin ATM, pastinya akan sering mengenal istilah ini.

Mengenal Istilah Kode Bank dan Fungsinya untuk Mempermudah Melakukan Transaksi

Sebenarnya kode bank ini biasanya juga digunakan saat  akan mengirim sejumlah uang ke bank yang tidak sama bank tujuan yang kita gunakan atau transaksi lain bank. Apapun banknya tidak akan ada masalah dengan menambahkan kode transfer yang sesuai dan benar. Hakikatnya seperti ini Saat calon pembeli ingin melakukan pembayaran dengan metode transfer, namun pihak penjual tidak memiliki rekening yang sama, maka calon pembeli harus menyesuaikan dengan rekening bank yang dipakai oleh pihak penjual.

Pihak bank sendiri membuat kode bank juga tidak mungkin tak disertai alasan yang logis. Mengingat jika kode ini sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang memang hobi melakukan transfer. Nah, untuk itu sebelum menggunakan kode ini untuk proses transaksi, alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu beberapa fungsinya.

  1. Memudahkan proses transaksi

Ketika melakukan transfer hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memasukkan kode bank. Biasanya kode tiap bank itu berbeda-beda sehingga dalam hal ini Anda harus benar-benar teliti  agar tidak salah dalam melakukan transaksi. Proses transfer yang Anda lakukan memang harus menyesuaikan kode dari bank tujuan.

Dengan adanya kode ini pastilah proses transaksi yang Anda lakukan akan lebih mudah dan lancar. Hal ini juga dapat memperkecil resiko adanya penipuan yang mengatasnamakan pihak bank demi keuntungan pribadi.

  1. Menjadi identitas bank yang resmi

Fungsi kode bank selanjutnya adalah menjadikan identitas resmi dari suatu bank yang ada di tiap wilayah. Kode atau sandi ini biasanya terdiri dari deretan 3 angka saja, untuk memudahkan orang dalam menghafal kode tersebut. Dengan adanya kode yang diterapkan pada setiap bank, akan menjadikan bank satu dengan yang lainnya berbeda.

Identitas pembeda ini dibuat agar tidak terjadi kesalahan dalam proses transaksi yang dilakukan antar bank. Karena jika itu terjadi akan banyak orang yang mengalami kerugian. Apalagi di era milenial seperti ini orang lebih senang melakukan apapun lewat media online. Sehingga mengharuskannya untuk tetap berhubungan dengan proses transfer.

Dengan begitu banyaknya Bank yang ada di Indonesia, tentunya Anda diharuskan untuk mengetahui setiap kode bank yang ada. Pasalnya, setiap bank tentu memiliki kodenya masing-masing agar mempermudah transaksi para nasabahnya. Bukan hanya untuk pedagang online saja, prosesor pembayaran yang layak seperti paypal, payoneer dan paytoo juga sangat dibutuhkan bagi pemburu dolar di internet.

Oleh karenanya sebaiknya tak hanya mengetahui kode bank saja, melainkan mengerti tahapan-tahapannya sebelum memutuskan untuk melakukan transfer. Terutama untuk orang-orang yang bekerja lewat online. Yang harus diperhatikan juga adalah persoalan yang mengharuskan Anda untuk transfer sesama bank. Nah, jika itu terjadi maka Anda tidak membutuhkan kode bank dalam proses transaksi. Dengan begitu, tak perlu repot untuk mengingat kode sebuah bank yang akan menjadi tujuan transaksi.

Sebenarnya tiap orang yang berhubungan dengan transaksi antar bank tak diharuskan menghafal semua kode dari sebuah bank yang ada. Hanya perlu memahami dan mengerti jika bank memiliki kode yang pastinya berbeda-beda. Hal itu sudah sangat cukup untuk menjadi pondasi utama untuk melakukan transaksi. Sebab jika tidak tahu sama sekali akan kode ini yang terjadi adalah transaksi tidak berjalan lancar dan akan menyita waktu Anda. Maka dari itulah sangat disarankan untuk menyimpan kode setiap bank untuk berjaga-jaga jika dibutuhkan.

Kumpulan Kode Bank yang Wajib Anda Ketahui

Nah, untuk memperjelas lagi terkait penjelasan di atas berikut ini akan ditampilkan beberapa kumpulan kode bank untuk menjadi informasi bagi Anda. Juga agar Anda bisa membedakan antara kode yang dimiliki oleh beberapa bank yang ada di Indonesia. Silahkan simak baik-baik beberapa kode yang dimiliki bank di Indonesia:

Bank daerah dan bank lainnya

  1. Bank Jatim 114
  2. Bank Riau 119
  3. Bank DKI 111
  4. Bank Jateng113
  5. Bank Nagari 118
  6. Bank Ekspor Indonesia 003
  7. Bank Maluku 131
  8. Bank Haga 089
  9. Bank Ekonomi 087
  10. Bank Kalteng 125
  11. Bank DIY 112
  12. Bank Century 095
  13. Bank Jambi 115
  14. Bank Aceh 116
  15. Bank Capital Indonesia 054
  16. Bank ABN Amro 052
  17. Bank BNP Paribas Indonesia 057
  18. ING Indonesia Bank 034
  19. Bank Arta Niaga Kencana 020
  20. Bank Buana IND 023
  21. Bank Panin 019
  22. Bank Multicor 036
  23. Bank Woori Indonesia 068
  24. Bank IFI 093
  25. Bank Sulsel 126
  26. Bank Bali 129
  27. Bank NTT 130
  28. Bank UOB Indonesia 023
  29. Bank Ganesha 161
  30. Bank Lampung 121
  31. Bank NTB 128
  32. Bank Mitraniaga 491

Bank Negara, Syariah, dan Swasta

  1. Bank Mandiri 008
  2. Bank BNI 009
  3. Bank CIMB Niaga 022
  4. Bank BII Maybank 013
  5. Bank BRI 002
  6. Bank Mega 426
  7. Bank BNI Syariah 427
  8. Bank LIPPO 026
  9. Bank BCA 014
  10. Bank Bukopin 441
  11. Bank Danamon 011
  12. Bank Muamalat 147
  13. Bank CIMB Niaga Syariah 022
  14. Bank BTPN 213
  15. Telkomsel TCASH 911
  16. Bank BRI Syariah 422
  17. Bank Tabungan Negara 200
  18. CITIBANK 031
  19. Bank BCA Syariah 536
  20. Bank Sinarmas 153
  21. Bank Syariah Mandiri 451
  22. Bank OCBC NISP 028

Jika kode dari bank yang Anda cari tidak ada disana ada sebuah cara mudah yang bisa dilakukan untuk menemukan kode tersebut. Caranya dengan memanfaatkan fitur pencarian dengan menekan CTRL + F maka akan muncul opsi search, dan Anda bisa menemukannya lewat opsi tersebut, tanpa harus bersusah payah untuk mencarinya lewat internet yang akan menyita waktu lebih lama lagi.

Demikianlah penjelasan terkait beberapa hal yang mengacu pada kode bank beserta fungsinya dan beberapa kode-kode yang memang sudah dimiliki oleh bank seluruh Indonesia.  Dengan adanya penjelasan diatas dapat membantu dan mempermudah Anda dalam menemukan kode sebuah  bank yang akan digunakan untuk melakukan transaksi secara online dengan metode transfer maupun internet. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan informasi bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *