Contoh Makalah Untuk Berbagai Keperluan, Format, Struktur, Pengantar

Makalah merupakan tulisan resmi yang membahas suatu permasalahan dan ditulis secara sistematis disertasi analisis yang logis dan objektif.  Untuk menulis makalah Anda harus mengetahui pengertian makalah serta contoh makalah sebagai berikut.

Pengertian Makalah 

Secara global makalah dapat diartikan sebagai salah satu jenis karya tulis yang bersifat ilmiah dengan pembahasan permasalahan tertentu atau spesifik berdasarkan hasil kajian teori maupun kajian lapangan. Biasanya makalah dibuat sebagai pemenuhan tugas akademik maupun non-akademik.

Makalah berfungsi sebagai sarana informasi, demonstrasi dan pemahaman penulis terkait pokok permasalahan yang sedang dikaji oleh penulis dalam penerapan prinsip maupun teori terkait dengan permasalahan yang sedang dibahas tersebut.

Dalam pembuatan makalah sendiri harus memenuhi kriteria seperti kevalidan data yang tinggi, analisis harus objektif, harus jujur, mencantumkan sumber data dan pendapat yang jelas, menggunakan bahasa yang jelas, singkat, sederhana dan teliti. Di samping itu, penulisan suatu makalah harus utuh dan sistematis.

contoh makalah lengkap

Contoh Makalah Penelitian

Pengaruh Narkotika Terhadap Pemakai

Kata Pengantar

Puji syukur saya panjatkan kepada Allas SWT yang mana berkat rahmat karuniaNya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah yang mempunyai judul Pengaruh Narkotika Terhadap Pemakai sesuai dengan harapan. Adapun makalah penelitian terhadap narkotika dan pemakainya tersebut mengupas segala hal terkait dengan narkotika dan dampaknya kepada pemakai.

Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terkait dengan penulisan makalah ini. Besar harapan saya agar pembaca sekalian sudi untuk memberikan kritik dan saran yang membangun agar pada penulisan berikutnya saya bisa lebih baik lagi.

BAB I

Pendahuluan

A. Latar Belakang

Salah satu masalah buruk yang ditakuti oleh orangtua yang menimpa putra-putri mereka ialah pergaulan bebas. Terlebih lagi jika sudah menyangkut urusan narkotika. Narkotika diketahui memberikan dampak yang sangat buruk bagi tiap penggunanya yakni pada sisi fisik dan mental.

Narkotika merupakan obat-obatan terlarang yang kini banyak memangsa para generasi muda. Barang haram ini dipercaya mampu memberikan efek tenang hingga kematian.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut diperoleh rumusan masalah yaitu apa pengaruh narkotika terhadap tiap pemakainya.

C. Tujuan

Makalah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja pengaruh narkotika bagi tiap pemakainya.

 

BAB II

Pembahasan

Pengaruh narkotika bagi tiap pemakainya di antaranya sebagai berikut.

1. Memberikan efek kecanduan

Narkotika dinilai memberikan efek kecanduan karena di dalamnya terkandung zat-zat pendukung candu yang membuat tiap pemakainya terus ingin mengonsumsinya.

2. Menjerumuskan ke penjara

Pemakai narkotika akan hidup dengan was-was karena suatu hari ia dapat diamankan oleh pihak berwajib. Bahkan pemakai narkoba dapat dikenakan sanksi berupa kurungan penjara dan denda yang harus dibayarkan.

3. Menyebabkan kematian

Narkotika merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di seluruh dunia, bahkan angka kematiannya jauh lebih tinggi dibanding angka kematian yang disebabkan oleh kanker dan penyakit jantung. Pemakai narkotika dapat mengalami overdosis dan menyebabkan ia meninggal dunia.

 

BAB III

Penutup

Pengaruh narkotika terhadap pemakainya begitu banyak memberikan dampak buruk mulai dari menyebabkan kecanduan, bisa menjerumuskan ke dalam penjara hingga menyebabkan kematian akibat overdosis.

Sebagai pemuda generasi penerus bangsa, ada baiknya menghindari segala hal yang berbau narkotika demi menghindarkan hal-hal buruk tersebut.

contoh makalah penelitian

Contoh Makalah Olahraga

Permainan Olahraga Bulu Tangkis

Kata Pengantar

Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Pemurah karena berkat rahmat karunia-nya sehingga makalah olahraga yang berjudul Permainan Olahraga Bulu Tangkis dapat diselesaikan dengan baik sesuai dengan harapan penulis. Adapun makalah Permainan Olahraga Bulu Tangkis membahas seputar permainan bulu tangkis berikut dengan sejarahnya.

Di samping itu, makalah Permainan Olahraga Bulu Tangkis disusun demi memenuhi tugas mata pelajaran penjasorkes. Dalam penulisan makalah ini, penulis merasa masih banyak terdapat kekurangan baik itu pada sistematika penulisan maupun isi materi. Oleh karena itu, penulis mengharapkan adanya kritik dan saran dari para pembaca untuk kedepannya dapat menulis makalah ini menjadi lebih baik lagi.

Penulis harap agar makalah ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

09 Juli 2019

Penulis

 

BAB I

Pendahuluan

A. Latar Belakang

Olahraga bulu tangkis atau yang juga populer dengan nama olahraga badminton merupakan salah satu cabang olahraga raket yang mana dimainkan oleh dua orang (tunggal) atau pasangan (ganda) yang saling berlawanan untuk memenangkan permainan selama minimal 2x putaran

Olahraga bulu tangkis bertujuan untuk memukul bola permainan (kok atau shuttlecock) melewati jaring agar jatuh ke dalam bidang lawan begitu pula sebaliknya. Olahraga raket ini merupakan olahraga raket  mengalami perkembangan hingga saat ini.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut didapatkan rumusan masalah yakni apa yang dimaksud dengan olahraga bulu tangkis.

 

C. Tujuan

Tujuan penulisan makalah olahraga bulu tangkis ialah untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran penjasorkes sekaligus sebagai penambah wawasan dan ilmu pengetahuan terhadap olahraga bulu tangkis.

 

BAB II

Pembahasan

Olahraga bulu tangkis merupakan salah satu olahraga raket yang mana pada permainannya dilakukan oleh dua orang (untuk tunggal) dan dua pasang (untuk ganda) yang saling berlawanan untuk memenangkan permainan olahraga raket tersebut.

Secara harfiah olahraga bulu tangkis berasal dari dua kata yaitu bulu dan tangkis. Kata bulu berasal dari bentuk kok atau shuttlecock yang mana terbuat dari bulu angsa atau ungags lainnya. Sementara itu, tangkis diambil dari kata dasar menangkas atau menangkis yang dilakukan tiap pemain untuk saling berlomba untuk menjatuhkan kok atau shuttlecock ke bidang lawan.

Menurut sejarah yang beredar, permaianna bulu tangkis sudah berkembang sejak zaman Mesir Kuno yakni sekitar 2000 tahun silam. Di negara Indonesia, olahraga bulu tangkis sudah mulai dimainkan sejak tahun 1930an dan masa itu masih bernaung di bawah ISI (Ikatan Sport Indonesia).

Pada tahun 1947 berdirilah Persatuan Olahraga Republik Indonesia atau PORI yang menjadi cikal bakal berdirinya PBSI atau Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia. Selanjutnya, organisasi yang menaungi olahraga bulu tangkis terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun.

Tercatat Indonesia mengukir masa kejayaan olahraga bulu tangkis pada tahun 1960 hingga 1970. Adapun nama pemain bulu tangkis yang paling tersohor pada masa itu ialah Rudy Hartono.

 

BAB III

Penutup

Olahraga bulu tangkis merupakan olahraga raket yang cukup banyak diminati baik dari segi pemain maupun untuk skala penonton. Di Indonesia, olahraga bulu tangkis terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Adapun masa keemasan olahraga bulu tangkis di Indonesia ialah pada tahun 1960 hingga 1970 dengan nama pemain bulu tangkis paling tersohor ialah Rudy Hartono.

makalah olahraga

Pengertian makalah berikut dengan contoh makalah penelitian dan olahraga tersebut kiranya dapat menambahkan informasi berikut pengetahuan kepada Anda khususnya yang sedang mencari tahu atau sedang membuat makalah. Semoga tugas makalah Anda dapat terselesaikan dengan baik.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!