Cerita Fantasi – Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur dan Contohnya

Anda menyukai cerita fantasi dan ingin membuat cerita fantasi sendiri? Nah, sebelum Anda ingin membuatnya ada banyak hal yang harus Anda perhatikan dan ketahui mengenai cerita fantasi ini baik itu, pengertiannya, ciri-ciri, struktur hingga contohnya sehingga Anda bisa membuatnya dengan baik. Untuk itu, mengenai informasi seperti ini maka Anda bisa melihatnya seperti dibawah ini.

contoh cerita fantasi, cerita fiksi

Pengertian Cerita Fantasi

Cerita fantasi memang sudah tidak asing lagi di pendengaran kita bukan? namun, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan cerita fantasi sebenarnya? Jadi, untuk pengertian cerita fantasi merupakan sebuah jenis teks yang memang nyaris serupa atau sama dengan teks narasi secara keseluruhan terlebih lagi apabila dilihat dari struktur dan juga ciri-cirinya. Untuk itu, pengertian cerita fantasi ini juga dapat dijelaskan sebagai sebuah cerita ataupun kisah dengan alur yang normal namun sifatnya berupa imajinatif.

Oleh karena itu, hal yang membedakannya dengan teks narasi ini jika dilihat dari secara umum yaitu alur, unsur dan juga struktur ceritanya yang digunakan karena sifatnya akan terkesan seperti dilebih-lebihkan sehingga memang sering sekali ditemukan berbagai unsur khususnya di dalam cerita tersebut dimana peristiwa yang ada di dalam cerita memang tidak akan pernah ada ataupun terjadi dengan sungguhan di dunia nyata. Mengapa demikian? karena memang unsur imajinasi ini memainkan peran yang sangat besar khususnya di dalam cerita fantasi.

Ciri-Ciri Dari Cerita Fantasi

Setelah Anda melihat pengertian dari cerita fantasi maka berikutnya ada juga informasi mengenai ciri-ciri cerita fantasi yang dapat Anda lihat disini. Dimana ciri-ciri inilah yang membedakan cerita fantasi dengan narasi jika dilihat dari pada umumnya, yaitu seperti:

  1. Ide Ceritanya Lebih Terbuka dan Mengandung Unsur Keajaiban

Banyak saat ini cerita fantasi yang lebih condong ke cerita fantasi anak-anak. Mengapa demikian? karena memang anak-anak lebih tertarik dengan cerita-cerita fantasi seperti ini terlebih lagi mereka sangat tertarik dengan sesuatu hal yang memang tidak pernah dia temukan di dunia nyata. Oleh karena itu, terkadang cerita fantasi ini memang memiliki unsur seperti keajaiban yang memang tidak akan pernah terjadi ataupun yang tidak pernah kita temui di dalam dunia nyata.

Tak hanya itu saja, cerita fantasi ini juga memiliki ataupun mengandung ciri-ciri yang terdapat adanya unsur imajinatif yang ada di luar realita. Misalnya seperti contoh yang dapat Anda lihat yaitu dimana seorang anak dapat terbang dengan menggunakan sapu seperti di dalam cerita Harry Potter ataupun ia juga bisa berpindah-pindah tempat sesuai dengan keinginannya hanya dengan jam tangan dan lainnya. Hal-hal seperti inilah yang disebut dengan imajinasi yang tinggi yang direkayasa oleh penulis agar cerita tersebut bisa menimbulkan sebuah kesan yang sangat luar biasa.

  1. Menampilkan Tokoh Yang Menarik

Selanjutnya yaitu dapat menampilkan tokoh yang menarik. Dimana tokoh yang menarik tentu sangat dipentingkan dalam sebuah cerita fantasi. Hal ini dikarenakan bahwa cerita fantasi tentu memiliki eksistensi serta fungsi utama untuk mendukung suksesnya cerita fantasi tersebut. Jadi, keunikan dari tokoh yang ada di dalam cerita fantasi ini nantinya akan bisa memberikan kesan tersendiri untuk penontonnya ataupun bagi yang melihat cerita fantasi tersebut.

Tak hanya itu saja, walaupun nantinya ada beberapa tokoh juga yang hadir sebagai tokoh sampingan, tentu para pengarang ataupun penulis cerita fantasi ini harus bisa memberikan ciri khas yang berbeda-beda sehingga bisa memberikan ekspektasi yang lebih luar biasa untuk para penonton ataupun para pembacanya.

  1. Menampilkan Latar Cerita Yang Imajinatif dan Variatif

Seperti yang Anda ketahui khususnya para penggemar cerita fantasi tentu pada latar dalam cerita fantasi ini memang mengandung berbagai macam unsur imajinatif yang luar biasa dan berkesan. Tak hanya itu saja, setiap plot yang ditampilkan tentu akan terdapat keunikan yang berbeda-beda sehingga pembaca atau penonton akan bisa terhanyut ataupun terbawa suasana cerita tersebut. Misalnya sebagai contoh yang bisa Anda lihat yaitu cerita Harry Potter yang memang memiliki ide cerita atau latar tentang magic dengan menggunakan tongkat sihir sehingga membuat para penonton ikut terkesan terhadap cerita yang ditampilkan.

Selain itu, hal yang paling penting dalam membuat cerita fantasi agar terlihat keren dan berkesan adalah bagaimana tokoh tersebut bisa dibuat dengan bagus serta dikemas dengan menarik sehingga membuat penonton menjadi terhanyut di dalam cerita fantasi tersebut. Tak hanya itu saja, latar imajinatif memang berfungsi untuk memperkuat peran tokoh yang ada di dalam cerita serta keajaiban yang nantinya dipaparkan dari cerita fantasi tersebut.

  1. Penggunaan Bahasa

Pada semua cerita fantasi memang pada umumnya menggunakan bahasa yang non formal ataupun tidak baku untuk setiap cerita yang ditampilkan. Walaupun demikian? terkadang penulis juga menampilkan tokoh –tokoh yang menggunakan interaktif baku dan itu hanya untuk memperkuat sebuah karakter tokoh sebagai sarana untuk mendukung suksesnya dari cerita fantasi tersebut.\

Struktur Cerita Fantasi

Jika berbicara mengenai struktur cerita fantasi memang hampir sama dengan struktur teks narasi. Dimana struktur ini terdapat orientasi, konflik, resolusi hingga pada ending ceritanya. Dimana untuk orientasi itu sendiri merupakan sebuah pengenalan dimana bagian ini pengarang nantinya akan mengenalkan tokoh-tokoh yang ada di dalam cerita fantasi tersebut. Tak hanya itu saja, biasanya pengarang juga mengenalkan tema serta alur cerita sehingga para penonton atau pembaca bisa dapat lebih memahami mengenai cerita fantasi tersebut.

Konflik yang merupakan bagian dari struktur kedua dalam cerita fantasi merupakan bagian pada saat masalah baru akan datang atau mulai hingga sampai ke puncak permasalahannya. Kemudian ada juga struktur resolusi yang mana pada struktur ini adalah penyelesaian dari suatu konflik ataupun permasalahan yang memang sedang terjadi. Resolusi ini juga merupakan bagian penentu di dalam cerita fantasi dimana nantinya akan mengarah menuju akhir cerita. Selanjutnya ada juga ending yang diartikan dengan penutup dari sebuah cerita. Ending ini juga dibagi menjadi dua yaitu ending yang bahagia ataupun ending yang sedih. Hal ini tergantung dengan cerita yang ditampilkan atau dibuat oleh penulis.

Contoh Cerita Fantasi

Setelah melihat beberapa penjelasan seperti diatas mengenai cerita fantasi maka tidak lengkap rasanya tanpa ada contoh cerita fantasi. Oleh karena itu, disini ada beberapa contoh yang dapat Anda lihat mengenai cerita fantasi. Apa saja itu, berikut dapat Anda Lihat seperti berikut ini:

  1. Cinderella

Untuk contoh cerita fantasi yang pertama yaitu Cinderella. Dimana cerita fantasi ini memang sangat terkenal dan populer sekali serta sangat disukai oleh anak-anak. Cerita Cinderella ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang tinggal di dekat sungai dan memiliki satu anak yaitu yang bernama Cinderella. Dimana beberapa tahun kemudian, ibunya meninggal dikarenakan sakit dan sang ayah merupakan seorang pedagang kaya yang memang selalu bekerja ke luar kota.

Cinderella merupakan anak yang baik dan senang membantu orang tuanya. Sang ayah yang selalu bepergian keluar kota menjadi khawatir karena Cinderella selalu tinggal sendiri dirumah dan pada akhirnya sang ayah pun menikah lagi. Namun, sayangnya ibu dan kedua kakak tirinya itu memiliki sifat yang berbeda dengan Cinderella sehingga ia pun selalu jahat kepadanya terlebih lagi pada saat ayahnya tidak ada dirumah.

  1. Ikan Mas

Berikutnya ada juga cerita fantasi ikan emas yang memang sudah tidak asing lagi di pendengaran kita bukan? Cerita ikan mas ini mengisahkan tentang keluarga yang terdiri dari 2 orang anak perempuan dan ibunya yang sudah janda karena ditinggal oleh suaminya yang sudah lama meninggal. Kedua anak ini memiliki sifat yang berbeda dimana sang kakak memiliki sifat yang sombong dan juga keras kepala sedangkan adiknya memiliki sifat yang lembut, baik dan selalu menaati orang tuanya.

Pada suatu hari, adiknya ini diminta oleh ibunya untuk mencari sebuah ikan yang ada di sungai dekat rumahnya. Tak lama kemudian ia mendapatkan ikan besar dan berwarna emas serta membawanya pulang kerumah. Namun, ia pun terkejut dengan 2 buah sisik emas yang terkelupas dari tubuh ikan dan ia pun segera memanggil ibunya untuk melihat sisik emas tersebut.

Jadi, itulah ada penggalan cerita fantasi yang dapat Anda lihat sebagai contohnya. Pada intinya semua cerita fantasi tentu akan dikemas dengan menarik dan pastinya akan terkesan oleh penikmat cerita fantasi.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!