Cara Cek Kuota Smartfren

Dahulu provider Smartfren sangat kental dengan jaringan CDMA nya, namun kini smartfren tetap bertahan dan beradaptasi dengan kemajuan tekhnologi dan sudah meluncurkan kartu Smartfren GSM. Jadi semua hp yang sudah mendukung jaringan 4G sudah bisa menggunakan Kartu Smartfren di HP mereka.

Selain itu, Smartfren juga banyak meluncurkan paket internet dengan berbagai fitur, salah satu paket yang paling diminati pengguna adalah Paket Smartfren Unlimited yang dibanderol mulai dari 70rb hingga 100rb. Tentunya dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi informasi bagaimana Cara Cek Kuota Internet Smartfren dengan mudah. Karena saya yakin masih ada beberapa pengguna yang belum mengetahuinya, terlebih pengguna baru. Ada beberapa metode yang bisa anda coba untuk mengetahui sisa kuota internet smartfren anda, diantaranya melalui SMS, dial phone, website, maupun aplikasi My Smartfren.

Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa anda tentukan sendiri mana yang paling praktis untuk mengecek kuota internet smartfren.

  1. Melalui SMS

Salah satu cara mudah cek kuota smartfren adalah melalui pesan singkat (SMS), dimana cara ini juga tidak dikenakan biaya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Klik logo SMS di hp anda
  • Tulis pesan CEK, lalu kirim ke 995
  • Setelah itu anda akan menerima pesan balasan dari smartfren mengenai informasi kuota dan masa aktif paket tersebut.

Selain informasi kuota dan masa aktif biasanya anda akan dikirim juga informasi mengenai promo paket terbaru mulai dari internet, sms, dan voice call.

  1. Melalui Panggilan Telepon (Dial Up)

Cara ini biasa dilakukan oleh kebanyakan operator di Indonesia untuk melakukan pengecekan paket internet maupun cek nomor hp. Untuk Smartfren sendiri berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Panggilan di hp anda.
  • Lalu anda ketik *995#, lalu klik OK.
  • Selanjutnya anda akan menerima pesan yang berisi informasi tentang paket internet anda yang meliputi sisa kuota dan masa aktif paket.

Cara ini terkadang gagal, namun anda bisa terus mencobanya sampai berhasil. Anda tidak perlu khawatir karena cara ini tidak dikenakan biaya alias gratis.

  1. Cek Kuota Smartfren via Web (Online)

Bagi anda yang suka menggunakan pc / laptop cara ini mungkin patut anda coba, karena anda hanya perlu membuka browser anda. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka browser anda, lalu ketik alamat web https://my.smartfren.com/.
  • Setelah itu akan muncul website resmi smartfren, kemudian anda login menggunakan akun smarftren anda.
  • Apabila anda berhasil login, maka anda akan melihat menu-menu yang berisi informasi nomor, paket yang aktif, juga masa aktif kartu smartfren dan paket yang anda gunakan.

Salah satu kelebihan dari cara ini adalah menu yang lengkap, dimana anda bisa membeli berbagai jenis paket data, sms, telepon, dan informasi promo. Namun kekurangannya adalah anda harus masuk menggunakan ID Smartfren. Mending kalau ingat, kalau lupa ID yang puyeng juga.

  1. Cek Kuota via Aplikasi My Smartfren

Smartfren juga meluncurkan aplikasi untuk memudahkan pengguna untuk melakukan pembelian paket maupun cek kuota internet. Bagi pengguna android anda bisa mendownload aplikasi ini di halaman Google Play Store. Caranya anda cukup mengetikan “My Smartfren” di kolom pencarian.

Setelah mendownload selanjutnya anda bisa mengikuti langkah dibawah ini:

  • Buka aplikasi My Smartfren
  • Login menggunakan email atau nomor
  • Apabila belum mempunyai akun silahkan klik Sign up
  • Setelah berhasil masuk anda akan melihat informasi nomor hp, paket aktif, dan promo lainnya.

Cara cek kuota smartfren melalui aplikasi sebetulnya mirip dengan melalui web, namun lebih cepat saja proses nya. Di dalam aplikasi ini juga anda bisa melihat poin smartfen dan juga halaman support yang bisa anda gunakan untuk menghubungi pihak customer service.

Demikian sedikit informasi yang bisa saya share kepada anda tentang Bagaimana Cara Cek Kuota dan Nomor Smartfre terbaru. Apabila ada kesalahan dan kekurangan silahkan tulis komentar dibawah ini.

Tinggalkan komentar