Cara Ganti Password Wifi Indihome Huawei HG8245H5

3 min read

Cara Ganti Password Wifi Indihome Huawei HG8245H5

Helo sobat, selamat datang kembali di blog lawandbiodigest.com, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi bagaimana cara mengganti password wifi indihome huawei HG8245H5, baik itu dari pc maupun dari hp anda.

Mempunyai wifi dirumah tentunya sangat menyenangkan, apalagi sekarang harga paket data internet lumayan mahal kalo untuk di pake sendiri. Dengan adanya koneksi wifi dirumah tentunya sangat membantu menghemat pengeluaran internet keluarga dirumah.

Namun, terkadang terlalu banyak nya orang yang menggunakan wifi indihome kita dirumah akan mempengaruhi kecepatan dan kestabilan internet kita. Belum lagi ada orang yang dengan sengaja nembak wifi kita tanpa izin, tentunya bikin jengkel dong.

Salah satu hal bisa dilakukan adalah dengan mengganti password wifi secara berkala, atau anda bisa juga menyembunyikan ssid wifi kita dan juga menggunakan router tambahan seperti Tp Link atau Tenda.

Disini saya menggunakan indihome dengan modem Huawei HG8245H5, jadi cara mengganti password wifi nya mungkin sedikit berbeda dengan tipe lainnya ya. Berikut adalah langkah-langkah mengganti password wifi indihome huawei HG8245H5.

Baca Juga:

Mengganti Password Wifi Indihome di PC / Laptop

Login ke halaman web Huawei HG8245H5

Sebelum memulai pastikan anda terhubungan dengan jaringan internet yang akan di rubah password wifi nya. Setelah itu silahkan anda buka browser di pc anda lalu ketik 192.168.100.1. Apabila berhasil anda akan melihat halaman login seperti dibawah ini:

Cara Ganti Password Wifi Indihome Huawei HG8245H5

Berikutnya silahkan anda masukan username dan password dari modem huawei anda. Pada kolom User Name silahkan anda isi Admin, dan di kolom Password anda isi admin, lalu anda klik login. Jika sukses anda akan masuk ke halaman seperti gambar di bawah ini:

Halaman Dashboard Huawei HG8245H5

Masuk Ke Pengaturan WLAN

Karena disini kita hanya akan mengganti password wifi indihome nya silahkan anda masuk ke menu WLAN dengan cara berikut:

  1. Klik menu Advanced
  2. Klik menu WLAN
  3. Pilih WLAN Basic
  4. Pada kolom WPA PreSharedKey masukan password wifi baru anda
  5. Terakhir klik tombol Apply

Selain mengganti password wifi indihome, di pengaturan tersebut anda juga bisa mengganti nama wifi, menambah ssid baru, dan menyembunyikan ssid wifi kita. Jadi apabila anda ingin mengganti password wifi indihome caranya cukup menggantinya di kolom WPA PreSharedKey.

Mengganti Password Indihome Terbaru

Selain mengganti password wifi, sebetulnya ada beberapa cara untuk mengamankan wifi indihome anda dari pengguna yang tidak di undang. Dibawah ini adalah beberapa cara untuk mengamankan koneksi wifi indihome anda.

Menyembunyikan Nama Wifi (ssid)

Ya, cara ini cukup efektif digunakan untuk mengamankan wifi indihome kita dirumah. Namun, disini anda harus memasukan sendiri ssid dan password nya agar bisa terhubung ke wifi.

Jadi, saran saya apabila ada teman atau keluarga yang ingin numpang wifi sebaiknya anda sendiri yang memasukan ssid dan password wifi nya ke hp atau laptop mereka. Kalo anda berikan data wifi kita takutnya akan menyebar kembali wifi kita.

Untuk cara menyembunyikan ssid wifi kita sama dengan mengganti password wifi huawei diatas, anda cukup menghilangkan centang pada tulisan Broadcast SSID, lalu klik Apply.

Menyembunyikan SSID Wifi Indihome

Menggunakan Router Tambahan

Membeli router tambahan adalah solusi yang baik menurut saya, terutama anda harus membeli router yang bisa mengontrol langsung pengguna wifi kita. Salah satu router yang saya gunakan adalah Tenda F3 dan Tenda F9. Kedua router ini cukup bagus untuk mengontrol pengguna internet indihome kita, baik yang menggunakan LAN maupun wifi. Selain melihat device yang terhubung, kita juga bisa mengatur kecepatan mereka dan juga melakukan blokir langsung terhadap device yang kita anggap ilegal. *wkwk

Tenda F3 dan Tenda F9

Jadi pada posisi ini saya matikan wifi indihome nya, lalu sambungkan kabel lan dari modem indihome ke router yang akan kita gunakan. Jadi, wifi yang akan digunakan adalah yang berasal dari router.

Cara Mematikan Wifi Indihome

Masih di halaman yang sama dengan mengganti password wifi indihome, di halaman tersebut anda juga bisa menonaktifkan wifi indihome kita, anda cukup hilangkan centang pada tulisan Enable WLAN lalu klik tombol Apply.

Mematikan Wifi Indihome

Memblokir Pengguna Wifi

Seperti yang saya terangkan diatas, salah satu cara mengamankan wifi indihome kita adalah dengan melakukan blokir terhadap pengguna wifi kita. Di modem Huawei HG8245H5 kita bisa melakukan blokir dengan cara melakukan blacklist pada mac address dan ipv4, namun cukup ribet kalo kita harus mengecek satu persatu mac address yang terhubung dengan wifi indihome kita.

Jadi saya sarankan anda menggunakan router seperti Tenda yang mempunya fitur blokir device dan juga mengatur bandwidth pada wifi. Anda juga bisa melihat device mana yang sedang mendownload atau upload sehingga internet menjadi lemot.

Mengganti Password Modem Indihome

Password wifi dan modem adalah 2 hal yang berbeda. Jika password modem digunakan ketika anda ingin mengakses halaman dashboard dari modem kita, termasuk mengganti password wifi.

Jadi saya himbau sebelum anda mengganti password wifi ada baiknya ganti dulu password standar modem Huawei HG8245H5 terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada orang yang bisa masuk ke halaman admin modem wifi kita.

Untuk mengganti password nya anda cukup login terlebih dahulu dengan username Admin dan password admin, lalu log in. Lalu setelah masuk ke halaman admin anda klik menu Advanced, kemudian klik menu System Management > Account Management. Kemudian anda masukan password lama anda pasa kolom Old Password, dan masukan password baru anda pada kolom New Password dan Confirm Password. Setelah anda mencatat atau mengingat password baru anda kemudian klik tombol Apply.

Mengganti password admin modem indihome

Mengganti Password Wifi Indihome di Hp

Untuk mengganti password wifi indihome dari hp entah itu android atau apple caranya kurang lebih sama dengan diatas. Pertama anda hubungkan dengan wifi yang akan diganti password nya, lalu buka aplikasi browser di hp anda.

Setelah itu anda ketika pada kolor url di browser anda 192.168.100.1 lalu klik ok. Setelah itu anda akan diarahkan ke halaman admin dari modem Huawei HG8245H5. Untuk selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkah seperti diatas.

Penutup

Demikianlah beberapa informasi yang bisa saya bagikan terkait dengan cara mengganti password wifi indihome dan cara pengamannnya. Semoga bermanfaat untuk anda, apabila ada kesalahan mohon koreksi nya.

Terima Kasih

7 Replies to “Cara Ganti Password Wifi Indihome Huawei HG8245H5”

  1. saya menghilangkan centang pada enable ssid trus wifi tidak bisa diakses, dan tidak muncul lagi. saya mau masuk ke settingan routernya kembali bagaimana caranya yah? mohon bantuannya

    1. kalo dihilangkan centang jelas wifi tidak akan terbaca mas, cara nya harus menggunakan kabel lan menggunakan pc / laptop.

  2. Saya ga pernah ganti, tapi pas masukin username sm password : Admin, admin notifnya salah terus. Itu kenapa ya ka?

    1. Kemungkinan ada yang mengganti password nya,, harusnya ketika pertama kali wifi sudah aktif, langsung ganti password admin nya. Soalnya ketika ada orang yang terhubung dengan wifi kita, terus dia juga tahu password bawaan indihome nya, mungkin dia iseng2 ganti password login ke modem indihome nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *