Alat Musik Tradisional Indonesia, Pengertian, Fungsi, Cara Memainkan

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan tersebar dari Sabang hingga Merauke. Salah satu budaya tersebut ialah alat musik tradisional.  Jenis kebudayaan berupa alat musik yang ada di Indonesia tersebut begitu beragam dan berbeda-beda dari berbagai daerah nusantara. Setiap daerah pasti mempunyai alat musik sendiri. Adapun contoh dari alat musik tersebut di antaranya sebagai berikut.

  1. Angklung

Angklung merupakan salah satu alat musik khas Indonesia yang berasal dari Jawa Barat. Angklung adalah alat musik khas Jawa Barat yang terbuat dari bahan dasar bambu dan dapat dimainkan dengan cara digoyangkan.

Tahukah Anda bahwa alat musik khas satu ini sudah sangat mendunia. Angklung pernah memukau banyak penotnon di daratan Eropa, khususnya negara Perancis dan Amerika Serikat. Angklung juga telah diakui oleh UNESCO sebagai alat musik warisan Indonesia.

Alat Musik Tradisional Angklung
id.wikipedia.org
  1. Sasando

Sudahkah Anda mengenal Sasando? Ya, satu dari sekian banyak alat musik asli Indonesia ini merupakan alat musik yang berasal dari tanah Rote, Nusa Tenggara Timur yang terbuat dari daun lontar. Alat musik ini memiliki bentuk mirip harpa dan dapat dimainkan dengan cara dipetik layaknya gitar.

Tahukah Anda bahwa alat musik ini sudah begitu tersohor di dunia. Salah satu bukti alat musik ini telah populer di ajang internasional ialah pada konser WOW 2013 yang diselenggarakan oleh Wonderful Indonesia di Eropa.

Alat Musik Sasando
fakhrianindita.com
  1. Gamelan

Anda tentu saja sudah tidak asing dengan alat musik asli Indonesia satu ini. Gamelan merupakan alat musik khas Indonesia yang berbentuk sekumpulan alat musik seperti demung, saron, peking, gendang, kendang, slenthem, gambang, rebab, siter, kempul, kenong, bonang dan gong serta merupakan alat musik  yang berasal dari tanah Jawa.

Alat musik satu ini mempunyai beragam instrument mulai dari colotomik, balungan, penerusan, unpitched vocal dan tepukan. Gamelan juga merupakan alat musik yang digemari banyak musisi dunia. Bahkan gamelan juga diajarkan dan masuk ke dalam kurikulum sekolah yang ada di Amerika Serikat dan New Zealand.

Alat musik tradisional jawa

  1. Kolintang

Kolintang adalah alat musik asli Indonesia yang terdiri atas barisan gong kecil dan diletakkan secara mendatar. Kolintang atau yang juga sering disebut dengan Kulintang dimainkan dengan cara dipukul dan diiringi oleh gong tergantung yang berukruan besar serta gong.

Sebagai bagian dari alat musik khas di Asia Tenggara, Kolintang sudah dimainkan sejak berabad-abad di Kepulauan Melayu Timur – Filipina, Indonesia Timur, Malaysia Timur hingga Brunei Darussalam. Alat musik ini  sudah mengalami perkembangan sejak zaman Hindu Budha.

Alat Musik Kolintang
1001indonesia.net
  1. Kendang

Alat musik khas satu ini adalah alat musik asli yang berasal dari Sunda. Akan tetapi, ada juga yang mengklaim bahwa alat musik ini berasal dari Jawa Timur. Terlepad dari kontroversi tersebut, kendang tetaplah alat musik khas yang berasal dari Indonesia.

Alat musik kendang seringkali ditemukan sebagai pengiring berbagai tarian tradisional, pengiring pegaelaran musik jazz hingga pengiring alunan musik kontemporer. Kendang juga merupakan alat musik yang sudah terkenal hingga ke luar negeri.

Salah satu negara yang menjadi tempat kepopuleran kendang ialah Amerika Serikat. Bahkan banyak musisi di sana yang menggunakan kendang sebagai pengiring musik mereka.

bermain kendang

  1. Tifa

Pernahkah Anda mendengar alat musik satu ini? Tifa adalah alat musik khas Indonesia yang berasal dari daratan Maluku dan Papua. Anda dapat memainkan alat musik khas timur ini dengan cara dipukul. Alat musik ini sedikit mirip dengan kendang, akan tetapi alat musik khas timur ini memiliki bentuk tube. Ukiran-ukiran khas Maluku dan Papua dapat Anda jumpai pada alat musik ini.

Tifa merupakan alat musik yang cukup dikenal oleh wisatawan mancanegara. Hal tersebut berawal dari banyaknya wisatawan luar negeri yang berkunjung ke Maluku dan Papua. Bahkan mereka juga membawa Tifa sebagai buah tangan untuk dibawa pulang ke negara asal mereka.

alat musik tifa, daerah
negerikuindonesia.com
  1. Saluang

Salah satu alat musik khas Indonesia yang populer dan berasal dari Sumatera Barat ialah Saluang. Alat musik ini kerap disebut sebagai saudara kembar seruling. Akan tetapi, alat musi tiup ini nampak lebih sederhana karena hanya memiliki empat lubang saja dan terletak berderet.

Tahukah Anda bahwa alat musik tiup tradisional khas Sumatera Barat ini memiliki mitos. Konon katanya, peniup Saluang mempunyai mantra magis yang dapat menghipnotis pendengarnya.

saluang, alat musik tradisional
dictio.id
  1. Aramba

Berasal dari daratan Nias yang terletak di Sumatera bagian utara, Aramba merupakan alat musik yang terbuat dari tembaga, kuningan, nikel dan suasa. Alat musik ini kerap dimainkan sebagai pembawa pola irama serta hanya dapat dimainkan oleh satu orang saja. Adapun jenis bunyi yang dihasilkan oleh Aramba adalah ideofon.

Alat musik satu ini dapat Anda mainkan dengan mudah yakni dengan cara dipukul dengan alat pukul Aramba. Sedikit mirip dengan alat musik gong.

alat musik aramba, cara bermain aramba
carabermainalatmusik.com
  1. Kecapi

Alat musik khas Indonesia yang cukup populer hingga ke luar negeri ialah Kecapi. Berasal dari tanah Sunda, Kecapi merupakan alat musik utama yang dimainkan sebagai alat musik dalam tembang Sunda atau yang dikenal dengan Mamaos Cianjuran. Cara memainkan alat musik ini terbilang cukup mudah yakni dengan cara dipetik layaknya alat musik harpa.

alat musik tradisional sunda
wikimedia.org
  1. Gong

Gong merupakan alat musik khas Indonesia yang berasal dari daratan tanah Jawa, tepatnya Jawa Barat.  Alat musik gong tergolong sebagai alat musik khas Indonesia yang cukup besar. Adapun cara memainkan gong adalah dengan memukulnya menggunakan alat pukul gong yang sudah didesain secara khusus. Adapun suara yang dihasilkan oleh Gong ialah membranofon.

alat musik gong

  1. Calung

Calung adalah alat musik khas Indonesia yang berasal dari tanah Sunda. Secara visual alat musik ini terlihat begitu mirip dengan alat musik khas Jawa Barat lainnya yakni Angklung. Akan tetapi, cara memainkan Calung cukup berbeda dengan Angklung. Calung dapat dimainkan dengan cara dipukul.

Jenis Calung dapat dibedakan menjadi dua yakni Calung Rantay dan Calung Jinjing. Keduanya dahulu digunakan sebagai ritual perayaan masayarakat Jawa Barat saja. Namun atas perkembangan zaman, Calung digunakan untuk menghibur masyarakat dengan harmoni yang indah.

alat musik dari bambu, calung
indonesiakaya.com
  1. Ladolado

Ladolado merupakan alat musik khas Indonesia tepatnya berasal dari daerah Sulawesi Tenggara.  Alat musik ini menghasilkan bunyi ideofon dan dapat dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul  khusus.

Alat musik Ladolado
thegorbalsla.com

Salah satu bentuk peduli Anda terhadap kebudayaan Indonesia tentu adalah dengan ikut melestarikannya. Anda dapat melestarikan kebudayaan tersebut yakni dimulai dari kebudayaan alat musik tradisional. Anda dapat memainkannya dan ikut mengenalnya kepada teman-teman serta anak cucu Anda kelak. Mari jaga kebudayaan kita untuk generasi mendatang!

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!